Empat Pelaut Malaysia Dibebaskan Abu Sayyaf

601
Pesona Indonesia
Kapal Tunda (tugboat) TG Massive 6 yang dirompak militan bersenjata, Jumat (1/4/2016). 4 WN Malaysia disandera. Foto; utusan malaysia
Kapal Tunda (tugboat) TG Massive 6 yang dirompak militan bersenjata, Jumat (1/4/2016). 4 WN Malaysia disandera. Foto; utusan malaysia

batampos.co.id – Empat pelaut asal Sarawak, Malaysia, yang sempat disandera kelompok miltan Filipina Abu Sayyaf akhirnya dibebaskan setelah dua bulan.

The Star, melaporkan keempat pria itu telah kembali ke Sandakan, Sabah, Rabu pagi (8/6/2016).

Baca Juga: 4 WN Malaysia yang Diculik Diduga Sudah di Markas Abu Sayyaf

Sebelumnya, kapal mereka diserang kelompok bersenjata Abu Sayyaf pada 1 April lalu di laut Sabah dan mereka kemudian disandera.

Saat itu keempat pelaut bernama Wong Teck Kang, 31, Wong Hung Sing, 34, Wong Teck Chii, 29, dan Johnny Lau Jung Hien, 21, tengah dalam perjalanan pulang setelah mengantarkan kayu ke Manila.

Menurut laporan media Malaysia, bebasnya keempat bersaudara itu adalah bentuk keberhasilan perundingan antara Abu Sayyaf dengan juru runding dari Malaysia dan Filipina.

Sebelumnya Abu Sayyaf meminta tebusan sebesar 18 juta ringgit atau lebih dari Rp 58,5 miliar. Tidak diketahui apakah pembebasan keempat pelaut tersebut melibatkan pembayaran tebusan atau tidak. Komisaris Polisi Sabah Abdul Rashid Harun menolak berkomentar soal pembebasan ini.

Sebelumnya ada 14 pelaut asal Indonesia yang juga diculik dari dua kapal berbeda oleh kelompok Abu Sayyaf pada Maret lalu. Mereka semua berhasil dibebaskan pada Mei lalu setelah dilakukan perundingan. (den/cnn/jpg)

Baca Juga:
> 4 Bulan Lalu, WN Malaysia Dipenggal Militan Abu Sayyaf
> Ini Nama 4 WN Malaysia yang Disandera Militan Abu Sayyaf

Respon Anda?

komentar