Standar Nilai Masuk Sekolah Unggulan di Batam Tinggi, SMA Minimal Nilai 80 dan SMK 70,75

3318
Pesona Indonesia
Siswa dan siswi SMAN 1 Batam saat mengikuti ujian nasional secara online, Senin (4/4) lalu. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Siswa dan siswi SMAN 1 Batam saat mengikuti ujian nasional secara online, Senin (4/4) lalu. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Dinas pendidikan beberapa kali menggelar rapat dengan kepala sekolah SMP, SMA, dan SMK unggulan membahas penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB).

Ditentukan bahwa standar nilai SMA minimal nilai 80 untuk empat mata pelajaran inti. Sementara untuk SMK nilai rata-rata empat mata pelajaran inti minimal 70,75.

“Kita sudah rapat dengan pak Kepala dinas beberapa waktu lalu terkait PPDB ini. Standar nilai memang lebih tinggi untuk SMA daripada SMK,” kata Kepala Sekolah SMKN 1, Lea Lindra Wijaya, Rabu (8/6).

Pihak sekolah unggulan yang ikut rapat dengan pihak dinas pendidikan beberapa waktu adalah SMAN 1, SMAN 3, SMKN 1, SMPN 3 dan SMPN 6.

Empat mata pelajaran yang dijadikan acuan untuk memperoleh nilai rata-rata untuk SMK adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia,Matematika, IPA dan Bahasa Inggris. Di mana yang dinilai adalah nilai rapor semester I,III dan V.

“Standar nilai ke SMA lebih tinggi karena pengalaman-pengalaman sebelumnya, kalau nilainya lebih tinggi biasanya akan masuk SMA. Jadi sesuai rapat kita di dinas, calon siswa di SMK unggulan minimal nilai rata-ratanya 70,75. Kalau untuk SMA minimal 80,” katanya.

Untuk PPDB sekolah unggulan ini juga dimajukan seminggu lebih dulu dari SMA/SMK non unggulan. Untuk SMA/SMK unggulan akan dibuka mulai Senin, (13/6) mendatang dan akan berakhir pada Rabu (15/6). “Tetapi kalau di SMK 1 lebih lama, sampai tanggal 17 Juni mendatang,” bebernya.

Untuk SMK 1 sendiri pelaksanaan PPDB saat ini lebih mudah dan lebih simple. Untuk form pendaftaran bisa diunggah di website sekolah, www.smkn1batam.sch.id.

“Di sana juga sudah lengkap semua informasi terkait PPDB. Jadi ketika datang ke sekolah sudah ada formulirnya. Karena di sekolah tidak ada disediakan lagi formnya,” tambah M. Mudawi, ketua PPDB SMK 1 Batam.

Mudawi mengatakan dalam seleksi akan ditentukan dulu berdasarkan nilai rapor dari empat mata pelajaran yang ditentukan. Yang memenuhi syarat kemudian akan mengikuti tes dari sekolah.

“Jadi di sini tidak ada titipan atau sejenisnya. Itu tidak boleh,” katanya.

Sementara jam operasional pendaftaran di sekolah mulai pukul 08.00 WIB-10.00 WIB. Di luar jam tersebut tidak dilayani. “Artinya kalau ke sekolah, form pendaftaran dan persyaratan yang ada di website kita harus sudah lengkap. Baru kita cek dan proses,” katanya.

Sementara pada tanggal 18 Juni mendatang, kemungkinan siswa yang dinyatakan lulus dan berhak sekolah di SMK negeri 1 Batam sudah bisa dilihat di sekolah. Di mana penilaian akan dilakukan se-objektif mungkin.

Jurusan di sekolah tersebut ada empat yakni permesinan, mekatronik, otomasi industri, elektronik industri, teknik komputer dan jaringan dan teknik pengelasan. (ian)

Respon Anda?

komentar