Dinkes Siapkan 25 ribu Sertifikat Imunisasi Syarat Wajib Masuk SD

1331
Pesona Indonesia

193945_vaksin2ts

batampos.co.id – Dinas Kesehatan Kota Batam menyiapkan sebanyak 25 ribu sertifikat imunisasi yang akan digunakan sebagai salah satu persyaratan masuk Sekolah Dasar (SD) di Kota Batam.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit (P2PL), Sri Rupiarti mengatakan untuk tahun ini semua yang ingin masuk SD wajib melampirkan sertifikat imunisasi.

Selama tahun 2015, Dinkes baru mengeluarkan 3 ribu sertifikat.” Karena masih dalam tahap sosialisasi, jadi belum semuanya memiliki sertifikat tersebut,” kata dia.

Pihaknya juga telah meminta data dari Dinas Pendidikan Kota Batam berapa jumlah anak yang akan masuk SD.

“Jumlahnya kami sesuaikan, kalau tidak salah ada sekitar 20 ribu lebih yang akan masuk SD. Untuk antisipasi kita juga menyiapkan cadangan sertifikat,” jelas Sri.

Saat ini disetiap Puskesmas juga telah mnyediakan 500 sertifikat imunisasi. Orangtua bisa mendatangi puskesmas terdekat untuk bisa mendapatkan sertifikat imunisasi.

“Cukup bawa bukti imunisasi anak, dan semua gratis,” tegasnya.

Sesuai dengan peraturan gubernur nomor 3 tahun 2014, semua anak yang masuk SD wajib harus sudah mengikuti imunisasi. “Ini sebagai bentuk kepatuhan orangtua, untuk selalu mengikutsertakan anak dalam program pemerintah salah satunya imunisasi,” terang wanita yang juga berprofesi sebagai dosen ini.

Pantauan Batam Pos di lapangan, beberapa orangtua terlihat menunggu antrian untuk mengambil sertifikat seperti di Puskesmas Sekupang, dan Puskesmas Tiban baru.

Heni, 39, mengaku sebelumnya tidak pernah mengurus sertifikat imunisasi, tapi saat ingin mendaftarkan anaknya ke sekolah baru tahu sebab menjadi salah satu syarat penting.

“Baru tahun ini, anak yang pertama saya tak ada ngurus,” ujar ibu tiga anak ini.(cr17)

Respon Anda?

komentar