Kabar Gembira! 2.719 PNS Lingga Bakal Terima Pencairan AJB

853
Pesona Indonesia

Sekretaris Tim 9 Pemkab Lingga, Kamarullzaman. foto: wijaya satria/batampos
Sekretaris Tim 9 Pemkab Lingga, Kamarullzaman. foto: wijaya satria/batampos
batampos.co.id – Sebanyak 2.719 Aparatur Sipil Negara (ASN) Lingga boleh bernafas lega. Pasalnya, klaim asuransi jiwa bumi putra (AJB) yang diikuti sejak tahun 2006 lalu segera dikembalikan kepada peserta asuransi dalam waktu dekat. Terlebih lagi rencana pengembaliannya akan berlangsung diminggu kedua bulan suci Ramadan ini.

Pengembalian uang asuransi memang ditunggu-tunggu para ASN. Beberapa waktu lalu, Tim Sembilan yang dibentuk Pemkab Lingga untuk mengurusi soal klaim AJB ini memastikan selambat-lambatnya pencairan dana akan berlangsung, Kamis (9/6) kemarin. Namun hal tersebut juga tertunda karena beberapa hal.

Kamarulzaman, sekretaris Tim Sembilan mengatakan proses validasi yang dilakukan sebelumnya, semua data PNS peserta asuransi sudah tidak menjadi masalah. Hanya saja keterlambatan pencairan dana yang semula direncanakan pada 9 Juni, kini paling lambat diperkirakan molor selama sepekan yakni, Kamis (16/6) mendatang.

Hal tersebut dikatakannya karena masalah transfer nominal yang cukup besar dari AJB ke Lingga. Diperkirakan dari 2.719 ASN Lingga yang menjadi peserta AJB sejak tahun 2006 hingga 2015 mencapai Rp 18 miliar lebih. Sedang untuk mentransfer uang tersebut dari BNI harus bekerjasama dengan salah satu Bank di Kabupaten Lingga.

“Duit ini tak mungkin dibawa tunai, sangat berbahaya dan tentunya mengancam nyawa pembawanya. Jadi mesti ditransfer,” jelas Kamarul panggilan akrab bapak tiga anak ini.

Untuk pengirimannya sendiripun, dikatakan Kamarul karena jumlahnya begitu besar tidak diperkenankan menggunakan rekening pribadi. Uang tersebut dikirimkan langsung ke bank yang ada di Kabupaten Lingga untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Untuk uangnya sudah aman, tidak masalah lagi, kita tinggal menunggu pemindahan dan pencairannya saja. Kita sudah tanya ke bank, hari Rabu baru sampai di Lingga, berarti hari Kamis baru dapat di cairkan,” paparnya.

Selain itu, untuk pencairan setelah uang dari AJB sampai di Bank Lingga, para pemegang polis yakni Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Pendidikan (Disdik) serta Sekretariat Daerah, sudah memegang cek tunai sesuai dengan jumlah ASN dan klaim asuransi masing-masing sesuai tahun menjadi peserta.

Kamarul memastikan, klaim AJB tersebut akan segera selesai seperti keinginan seluruh ASN di kabupaten Lingga. Diakuinya, proses Tim Sembilan dan AJB cukup memakan waktu dan tenaga, namun ia berharap para ASN bersabar menunggu pencairan pekan depan. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar