Ini Saran Sederhana Bill Gates untuk Atasi Kemiskinan

745
Pesona Indonesia
Bill Gates. (foto: forbes)
Bill Gates. (foto: forbes)

batampos.co.id – Bos Microsoft, Bill Gates, sedang getol-getolnya mengajak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan untuk beternak ayam.

Gates kini sedang mengampanyekan anti-kemiskinan di Benua Afrika, khususnya di negara-negara yang masuk wilayah sub-Sahara.

”Memelihara dan menjual ayam adalah cara yang paling efisien untuk memerangi kemiskinan ekstrem,” kata Gates dalam acara bertajuk Dream Coop (Kandang Ayam Impian) di Kota New York, Rabu (8/6).

Dalam acara itu, dia berjanji menyumbangkan 100.000 ayam dalam proyek gagasannya tersebut.

Data PBB menyebutkan bahwa 41 persen warga sub-Sahara Afrika hidup sangat miskin. Nah, beternak ayam bisa menjadi solusi yang tepat.

Sebab, menurut Gates, beternak ayam tidaklah sulit. Modalnya juga tidak besar.

”Seorang peternak ayam yang mengawali bisnisnya dengan lima ayam betina bisa mendapatkan penghasilan lebih dari USD 1.000 (sekitar Rp 13,28 juta) per tahun,” terangnya.

Lewat program Dream Coop, Gates optimistis bisa mengentaskan 30 persen warga miskin sub-Sahara Afrika dari kemiskinan. Saat ini PBB menetapkan pendapatan USD 700 (sekitar Rp 9,29 juta) per tahun sebagai garis batas kemiskinan.

Dengan beternak ayam, taipan 60 tahun itu yakin masyarakat Afrika bisa hidup lebih layak.

”Ayam-ayam ini berkembang biak sendiri tanpa perlu perawatan khusus apa pun,” tegasnya.

Dalam program tersebut, Gates bekerja sama dengan organisasi amal Heifer International. Dia memastikan seluruh ayam yang dia sumbang sudah divaksin. (jpnn)

Respon Anda?

komentar