Takjil Ramadan Bebas dari Bahan Berbahaya

1801
Pesona Indonesia

batampos.co.id

(foto: jpg)
(foto: jpg)
– Makanan dan minuman berbuka (Takjil) yang dijual di sejumlah pasar Ramadan di Kota Tanjungpinang bebas bahan berbahaya. Itu dibuktikan dari uji makanan dan minuman yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang terhadap 20 sampel makanan dan minuman secara acak.

“20 sampel diperiksa, Alhamdulillah semua negatif,” ujar Rustam, Jumat (10/6).

Rustam menjelaskan pemeriksaan makanan dan minuman menu buka puasa dilakukan di empat Kecamatan yang ada di Kota Tanjungpinang.

Pemeriksaan makanan buka puasa ini dilakukan untuk mengantisipasi kecurangan yang dilakukan pedagang, dengan menambahkan bahan-bahan kimia seperti Formalin, Boraks dan Rhodamin B.

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit Dinkes Kota Tanjungpinang, Susi Pitriana membenarkan dari 20 sampel makanan buka puasa yang diambil di masing-masing pasar ramadan di empat kecamatan tidak ditemukan adanya bahan atau zat kimia.

Bahan berbahaya tersebut, kata dia, akan berdampak buruk terhadap kesehatan manusia, apabila dikonsumsi dalam jangka panjang.

“Hasil yang menunjukkan negatif ini membuktikan bahwa makanan dan minuman untuk buka puasa aman dikonsumsi,” tuturnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar