Terkuak! Begini Cara ISIS Lakukan Rekrutmen

730
Pesona Indonesia
(FOTO: SKY NEWS)
(FOTO: SKY NEWS)

batampos.co.id – Pengamat terorisme, Muhammad Jibriel Abdul Rahman, menjelaskan bahwa selama ini rekrutmen ISIS condong menargetkan para mantan pelaku pidana atau kriminal.

Hal tersebut terjadi karena ISIS menginginkan anggota yang tidak memiliki pengetahuan mendalam terkait agama sehingga mudah terbujuk ideologi ISIS.

Bahkan, selama ini telah diketahui, petinggi ISIS hingga tingkat bawahan memiliki track record sebagai pelaku kriminal. Semua itu bertujuan sama, mendapatkan anggota yang pengetahuannya nol, tapi berani mengambil risiko tinggi.

“Terkadang memang ada anggota yang pemahaman agamanya bagus, tapi sadarnya terlambat,” terang pengamat yang pernah divonis karena kasus terorisme tersebut.

Mengenai penjara sebagai tempat menyebarnya ideologi terorisme, Jibriel menyatakan bukan hanya ideologinya. Dalam penjara, narapidana kasus terorisme juga makin memiliki wawasan tentang kelompok-kelompok terorisme lainnya.

“Bahkan, kelompok-kelompok itu kemudian menjadi lebih dekat dan terus terhubung. Ya saling mengenal akhirnya,” ujarnya. (jpg)

Respon Anda?

komentar