Pembukaan Euro 2016, Tuan Rumah Prancis Menang Dramatis Atas Rumania

388
Pesona Indonesia
(foto: guardian)
(foto: guardian)

batampos.co.id – Di laga pembukaan Euro 2016 yang digelar Sabtu (11/6) dinihari WIB di Stade de France, Paris, tim tuan rumah Prancis sukses meraih kemenangan dramatis 2-1 atas Rumania lewat gol spektakuler Dimitri Payet.

Dalam pertandingan yang berlangsung ketat tersebut, peluang pertama justru diciptakan Rumania lewat Mihai Pintilii. Namun sayang sepakannya masih melambung di atas mistar gawang yang dikawal Hugo Lloris.

Beberapa menit kemudian, kapten Prancis itu melakukan penyelamatan brilian dengan menggagalkan sepakan jarak dekat Bogdan Stancu.

Menit ke-12, giliran Prancis ciptakan peluang. Sayangnya umpan Payet masih gagal dikonversi Olivier Giroud.

Prancis dapat peluang terbaik setelah sundulan Antoine Griezmann membentur mistar gawang. Setengah jam laga berlangsung, sepakan pemain Atletico Madrid itu kembali masih akrab dengan tiang.

Peluang gagal Payet jelang turun minum menutup babak pertama di Paris dengan skor 0-0. Awal interval kedua ditandai dengan peluang Rumania lewat Stancu yang masih menyamping dari gawang Prancis.

Les Bleus merespons dengan dua peluang Giroud dan Pogba. Gol yang ditunggu-tunggu publik Saint-Denis akhirnya tercipta menit ke-57.

Memanfaatkan umpan silang Payet plus kesalahan antisipasi Tatarusanu, sundulan Giroud membuat Prancis unggul 1-0. Sayangnya, keunggulan tuan rumah hanya bertahan sebentar.

Menit ke-64, wasit Viktor Kassai menunjuk titik putih tanda penalti untuk Rumania setelah Patrice Evra dianggap melanggar Stancu di kotak terlarang.

Didapuk jadi eksekutor, Stancu sukses membuat kedudukan imbang jadi 1-1. Guna menambah daya gedor, pelatih Didier Deschamps menurunkan Kingsley Coman dan Anthony Martial guna menggantikan Griezmann dan Pogba.

Menit ke-81, Martial nyaris membuat Prancis kembali unggul. Namun, sepakan lemahnya masih bisa ditahan kiper Tatarusanu.

Saat laga diprediksi akan berakhir imbang, Payet tampil sebagai pahlawan di menit-menit akhir. Tepatnya menit ke-89, sepakan keras pemain West Ham United itu meluncur deras ke gawang Rumania. Skor 2-1 bertahan hingga peluit panjang. (jpnn)

Respon Anda?

komentar