Daya Tampung Siswa Baru SMPN 9 hanya 252 Siswa

2243
Pesona Indonesia
SMPN 3 Batam. Foto: kemendikbud
SMPN 3 Batam. Foto: kemendikbud

batampos.co.id – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 9 Batam, pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2016-2017 menampuang sebanyak 252 siswa.

Dari 252 siswa yang ditampung untuk tahun ini akan dibagi dalam tujuh Ruang Belajar (Rumbel), satu rumbel diisi sekitar 36 siswa.
Wakil Kepala Sekolah SMP Negeri 9 Batam, Sopan Sitorus mengatakan penerimaan dilakukan dengan cara  seleksi akademik dan non akademik.

Untuk selekasi akademik akan menampung sebanyak 80 persen siswa, sedangkan untuk seleksi non akademik menampuang sebanyak 20 persen siswa.

“Pendaftaran dimulai 20 sampai dengan 22 Juni,  25 sudah seleksi,” ujar Sopan, Sabtu (11/6/2016).

Selekasi akadamek dilakukan berdasarkan tiga mata pelajaran Ujian Akhir Sekolah (UAS)  Sekolah Dasar (SD), yakni nilai Bahasa Indonesia, Matematikan dan Ilmupengetahuan Alam (IPA).

Untuk selekasi non akademik dilakukan dengan cara penialai sesui sertifikat kejuaraan minimal juara tiga tingkat Kota Batam.

“Calon siswa muslim dan non muslim harus melampirkan sertifikat baca tulis kita suci wajib,” kata Sopan.

Sopian mengatakan, dibandingkan dengan tahun yang lalau penerimaan siswa baru menurun. Tahun lalau penerimaan sebanyak 320 dengan jumlah delapan rumbel.

“Dikurangi karena mengingat jumlah guru tidak mencukupi, seperti guru Bahasa Indonesia, MTK dan IPA,” kata  Sopan.

Jika dipaksa seperti tahun lalau, hal ini akan berdampak kepada aktivitas belajar. Penerimaah siswa tahun ini sesui atas kesepakatan dari Dinas Pendidikan (Disdik). (cr14/bp)

Respon Anda?

komentar