Ruslan Ali Wasyim Pimpin Golkar Batam

Ruslan menerima bendera Golkar dari Pengurus Golkar Kepri Agustar usai terpilih sebagai Ketua Golkar Batam. Foto: cecep mulyana/batampos
Ruslan menerima bendera Golkar dari Pengurus Golkar Kepri Agustar usai terpilih sebagai Ketua Golkar Batam. Foto: cecep mulyana/batampos

batampos.co.id – Ruslan Ali Wasyim terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Golkar Kota Batam periode 2016-2021 pada Musyawarah Daerah (Musda) VII Golkar Batam di Hotel Golden View, Bengkong, Sabtu (11/6/2016).

“Saya akan fokus pada kegiatan konsolidasi dan rekonsiliasi. Karena dalam satu setengah tahun belakangan ini, Golkar terombang-ambing menjadi dua fraksi,” ujarnya usai terpilih.

Ruslan mendapat dukungan kuat dari 10 Dewan Pimpinan Cambang (DPC) Golkar Batam dari 10 kecamatan dan sejumlah elite Golkar.

Di tempat yang sama, Ketua DPD II Golkar sebelumnya, Zainal Abidin sangat senang di akhir kepemimpinannya, pemilihan ketua baru berjalan dengan lancar.

“Saya berharap di bawah pimpinan baru, Golkar menjadi partai yang lebih kondusif agar tak ada perpecahan lagi menuju pemilu legislatif 2019,” ujarnya.

Di bawah kepemimpinan Zainal, perolehan suara Golkar meningkat, begitu juga perolehan kursi, dari lima menjadi tujuh kursi.

Turut hadir juga Wali Kota Batam, Rudi yang membuka acara Musda ini. Ia menyampaikan bahwa kedepannya dengan bantuan elite politik, ia ingin menyamakan Batam seperti Johor Baru di Malaysia.

“Zaman hari ini sudah berubah, Johor hanya butuh tujuh tahun untuk berbenah, kita pasti bisa seperti mereka,” ujarnya.

Di dunia politik, Ruslan berkiprah dari bawah. Awalnya menjadi Pengurus Kelurahan Desa Kabil Partai Golkar di Kabil tahun 1997. Dia dikenal kader yang suka bekerja keras, berdedikasi dan komitmen terhadap partai berlambang pohon beringin ini.

Tahun 2004, Ruslan mencalonkan diri menjadi anggota legislatif Kota Batam. Ketika itu ia memperoleh suara terbanyak nomor 2, tapi tidak bisa duduk sebagai anggota legislatif karena sistem yang digunakan adalah berdasarkan nomor urut.

Tahun 2009, Ruslan kembali mencalonkan diri sebagai anggota legislatif. Kali ini, dia berhasil memperoleh suara sebanyak 5.638 suara, yang membawanya duduk sebagai anggota DPRD Kota Batam periode 2009-2014, terpilih pula sebagai Sekretaris Komisi I. Ini merupakan suara nomor 2 terbanyak se-Kota Batam, dan kini Ruslan Ali Wasyim di posisi Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD Kota Batam.

Pengalamannya berpolitik dari bawah itu, menjadikannya matang di dunia politik.

“Hidup ini singkat, jadi memperhatikan konstituen itu penting,” katanya.

Kehidupan sehari-harinya yang sederhana membuat kontituennya percaya dan menginginkan ia duduk kembali sebagai wakil rakyat. Pria kelahiran Batubesar, Telukbakau, Pantai Timur Nongsa, Kota Batam ini menceritakan bahwa kehidupan masa kecil bersama nelayan menjadikannya terbiasa hidup dengan masyarakat bawah.

“Ini amanah,” lanjutnya sambil menjelaskan, amanah wajib dilaksanakan tentu dengan penuh rasa ikhlas.

Pria dikenal periang ini, kini bersama empat orang anak dan seorang isteri. Isterinya, Ade Sulistiani, sangat aktif membantu Ruslan menjelang Musda DPD II  Partai Golkar Batam.

“Alhamdulillah, berkat kerja keras selama ini membawa hasil,” ujarnya sumringah. (leo/ryh)

Respon Anda?

komentar