Eksekusi Mati Tahap III Dipastikan Usai Lebaran

612
Pesona Indonesia
Ilustrasi hukuman mati. Foto: istimewa
Ilustrasi hukuman mati. Foto: istimewa

batampos.co.id – Kejaksaan Agung akhirnya memberikan kepastian kapan pelaksanaan eksekusi mati tahap II terhadap terpidana mati kasus narkoba yang kesemuanya telah berada di Nusakambangan. Jika tidak adsa aral melintang, usai lebaran para terpidana mati itu meregang nyawa di depan regu tembak.

Baca Juga: Kumpulan Berita Eksekusi Mati

“Iya. Mudah-mudahan tidak ada perubahan. Kita sudah planning-kan eksekusi mati tahap tiga setelah puasa ini,” ungkap Jaksa Agung M Prasetyo di DPR, Senayan, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Eksekusi tersebut dilakukan di Lapas Nusakambangan. “Tempatnya tetap di Nusakambangan untuk mereka yang sudah ditempatkan di sana, jadi lebih praktis,” sebut dia.

Sejauh ini, jumlah terpidana yang akan dieksekusi mati masih dipertimbangkan begitupula dengan fasilitas yang akan diberikan.

Kendati demikian, Kejaksaan Agung akan memastikan bahwa hak-hak hukum terpidana tersebut sudah terpenuhi.

“Untuk sementara narkoba dulu. Kita tetap akan berikan sinyal untuk perang terhadap narkoba, yang lain akan dilaksankan di tahapan berikutnya,” tutur dia.

Prasetyo merinci, sejauh ini ada 58 terpidana mati dengan kejahatan narkoba. Lalu, 152 terpidana untuk jenis kejagtan lainnya. Eksekusi akan dilakukan secara bertahap. Dipastikan, biaya sudah persiapkan.

Memang, eksekusi mati tahan III terbilang molor dari jadwal yang ditentukan semula. Itu dikarenakan sejumlah faktor.

“Penyebab utama, kita ada pemahaman, eksekusi mati agak menganggu sektor ekonomi. Sehingga, sektor ekonomi yang kami anggap prioritas,” tandasnya. (dna/JPG)

Respon Anda?

komentar