Gubernur Kepri Minta BP Batam Bijak Soal Status Masjid Al-Kaffah

584
Pesona Indonesia
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat silaturahmi dengan warga Legenda Malaka, legenda bali dan sekitarnya, Sabtu petang (11/6/2016) di Masjid Al-Kaffah. Foto: m.nur/batampos.co.id
Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat silaturahmi dengan warga Legenda Malaka, legenda bali dan sekitarnya, Sabtu petang (11/6/2016) di Masjid Al-Kaffah. Foto: m.nur/batampos.co.id

batampos.co.id – Gubernur Provinsi Kepulauan Riau Nurdin Basirun meminta Badan Pengusahaan (BP) Batam bijak, menyikapi  persoalan masjid dan Yayasan Pendidikan Al-Kaffah yang berdiri kokoh di jalur hijau di Kawasan Legenda Malaka.

Hal itu disampaikan Nurdin saat silaturahmi dan buka bersama dengan warga Legenda Malaka, Legenda Bali, dan sekitarnya di Masjid Al-Kaffah Batam, Sabtu (11/6/2016).

“Mau jalur hijau, merah, biru atau apapun warnanya, harus tetap memperhatikan kepentingan masyarakat, belok sedikit apa susahnya,” ujar Nurdin, menjawab keresahan masyarakat Legenda yang belakangan mendapat kabar kalau masjid dan sekolah yang berada di jalur hijau itu bakal ditertibkan.

Nurdin mencontohkan sebuah masjid di Singapura yang berada di suatu kawasan yang sangat strategis dan bernilai ekonomis tinggi yang tak jauh sari pelabuhan. Pemerintah Singapura memilih tidak menggusur masjid itu meski sebenarnya masuk area pembangunan jalan.

“Mereka buat jalan melingkar, kan itu contoh solusi,” ujar Nurdin.

Jika perlu, kata Nurdin, buat jalan layang di atas. “Tidak runtuhlah Batam ini gara-gara jalan (jalur lambat) belok sedikit agar tidak kena Masjid ini,” kata Nurdin.

Masjid Al-Kaffah kini memang berdiri lumayan megah di Legenda Malaka. Lokasinya sedikit memakan jalur hijau karena memang di perumahaan yang padat penduduk itu tak ada lagi lahan kosong.

Untuk membangun masjid itu, sudah miliaran rupiah dikeluarkan oleh warga. Masjid itu tidak pernah sepi dari kegiatan keagamaan, baik saat ramadan maupun di luar Ramadan.

Begitupun dengan Yayasan Pendidikan Al-Kaffah. Sudah miliaran rupiah dikeluarkan untuk membangun gedung sekolah yang masih satu area dengan Masjid Al-Kaffah.

Sekolah ini juga telah menelorkan anak didik berkulitas. Bahkan tahun 2016 ini, lulusan dengan nilai hasil ujian nasional tertinggi di Kepri tingkat Sekolah Dasar dari Sekolah Al-Kaffah. (nur)

Respon Anda?

komentar