Hasil Copa America: Gol ‘Tangan Tuhan’ Singkirkan Brasil

737
Pesona Indonesia
Pemain Brasil protes keras kepada wasit yang memimpin pertandingan, peru konra Brasil di Grup B Copa America karena gol Raul Ruidiaz tercipta menggunakan tangan. Tapi wasit tetap mengesahkan dan Brasilpun tersingkir. Foto: Jim Roqash/GI/http://www.abc.net.au
Pemain Brasil protes keras kepada wasit yang memimpin pertandingan, peru konra Brasil di Grup B Copa America karena gol Raul Ruidiaz tercipta menggunakan tangan. Tapi wasit tetap mengesahkan dan Brasilpun tersingkir. Foto: Jim Roqash/GI/http://www.abc.net.au

batampos.co.id – Timnas Brasil berduka. Kekalahan tipis 0-1 dari Peru membuat mereka tersingkir dari Copa America 2016 dan harus angkat koper lebih awal.

Dalam laga hidup mati dengan Peru, Brasil memang diprediksi bisa memenangi laga dengan mudah. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Brasil kalah karena gol yang dicetak dengan tangan oleh Raul Ruidiaz, Senin (13/6/2016).

Hasil ini memastikan Peru dan Ekuador yang lolos dari Grup B.

Melihat jalannya pertandingan, Brasil memang kehilangan kreativitas. Coutinho terlihat mati kutu.

Keindahan sepak bola Brasil kurang terlihat di laga ini. Tapi, itu memang menjadi karakter permainan Dunga yang tak terlalu mendewakan Joga Bonito.

Setelah berakhir imbang 0-0 pada babak pertama, permainan lebih atraktif terjadi di babak kedua, terutama Peru. Mereka mampu membuat pertahanan Brasil kedodoran.

Puncaknya, pada menit ke-75, Raul Ruidiaz mampu mencetak gol ke gawang Alisson usai memanfaatkan umpan tarik dari Andy Polo.

Wasit meniup peluit tanda telah terjadi gol. Tapi, pemain-pemain Brasil melakukan protes keras karena menganggap Ruidiaz mendorong bola ke gawang menggunakan tangannya. Dalam tayangan ulang memang terlihat bahwa Ruidiaz menggunakan tangan untuk mencetak gol.

Wasit Andres Cunha lantas mendatangi asisten wasit satu dan dua untuk berkonsultasi. Tapi, tak ada jawaban pasti. Akhirnya, Cunha berkonsultasi dengan asisten wasit keempat. Setelah itu, gol pun tetap disahkan. Brasil tersingkir karena gol “Tangan Tuhan” Ruidiaz.

Terlepas dari itu, Peru akhirnya bisa mengalahkan Brasil untuk kali pertama sejak 1985. Pada tahun itu Peru terakhir kali menang atas Brasil. Sedangkan di ajang Copa America, Peru terakhir kali menang atas Brasil pada 1975 di babak semifinal dengan skor 3-1.

Brasil yang memang sudah diragukan sejak awal karena tak membawa skuat yang maksimal, pun karena beberapa pemain yang cedera akhirnya tak lolos untuk fase grup untuk pertama kali sejak 1987.  (jpg)

Susunan Pemain

Brasil (4-3-3): Alisson; Alves, Miranda, Gil, Filipe Luis; Elias, Renato Augusto, Lucas; Coutinho, Gabriel (Hulk 72′), Willian

Peru (4-2-3-1): Gallese; Rodriguez, Aldo, Ramos, Balbin (Yotun 46′); Trauco, Cueva (Tapia ); Vilchez, Flores (Ruidiaz 64′), Polo; Guerrero

Respon Anda?

komentar