Penerimaan Siswa Baru Dimulai, Jalur Prestasi Daftar Langsung di Sekolah

1715
Pesona Indonesia
Dadang-AG-2-F,Yusnadi
Dadang AG. Foto:Yusnadi/Batampos

batampos.co.id – Tahun 2015 lalu pendaftaran Penerimaan Siswa Baru (PSB) untuk kuota siswa bina lingkungan dan siswa berprestasi non akademik dilakukan di Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjugpinang). Tapi untuk tahun 2016 ini, pendaftaran PSB baik jalur umum maupun prestasi dan bina lingkungan dilaksanakan di masing-masing sekolah.

“Pelaksanaan PSB tahun lalu sudah dievaluasi, dan hasilnya semua teknis penerimaan dilaksanakan di masing-masing sekolah,” ujar Kadisdik Kota Tanjungpinang, HZ Dadang Abdul Gani, Minggu (12/6).

Untuk kuota, Dinas Pendidikan menyediakan kuota sama dengan tahun 2015 lalu, yaitu 25 persen kuota bagi siswa bina lingkungan, dan 5 persen bagi siswa dengan prestasi akademik.

Teknisnya, bagi siswa yang akan mendaftarkan diri di dua jalur tersebut, harus mendaftar pada hari pertama dan kedua pendaftaran, di sekolah tujuan. Ini dilakukan, untuk mengantispasi jika siswa yang mendaftar tidak diterima melalui salah satu dari dua jalur tersebut.

“Pengumuman untuk jalur prestasi dan bina lingkungan ini diumumkan di hari ketiga. Jadi, bagi siswa yang tidak diterima di jalur tersebut bisa segera mendaftar di jalur umum,” ujarnya.

Dengan begitu, saat masa pendaftaran berakhir, Dadang berharap tidak ada lagi keluhan siswa yang belum diterima di salah satu sekolah.

Penerimaan siswa baru tahun ajaran 2016/2017 akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2016 mendatang. Waktu penerimaan ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan, mulai TK, SD, SMP maupun SMA. Sementara sistem penerimaan yang digunakan masih menggunakan sistem rayon.

Dikatakan Dadang, orang tua wajib mendaftarkan anaknya ke sekolah yang berada di lingkungan tempat tinggalnya.

Dadang menyadari, untuk kawasan Tanjungpinang Timur, tidak semua siswa SD ataupun SMP dapat tertampung di sekolah negeri. “Karena sekolah kita belum merata,” ujarnya. Solusinya, kata Dadang, orang tua harus memasukkan anaknya ke sekolah swasta. “Karena sekolah swasta juga banyak yang bagus,” ujarnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar