Dalam 4 Bulan, Petugas Bandara Gagalkan 3 Kali Penyelundupan Narkoba

398
Pesona Indonesia
foto: dalil harahap / batampos
foto: dalil harahap / batampos

batampos.co.id – Penyelundupan narkotika melalui Bandara Internasional Hang Nadim mayoritas dilakukan saat penumpang padat. Para penyelundup maupun kurir tersebut kerap memanfaatkan kelengahan petugas dengan menyelinap diantara penumpang lainnya.

Kabag Umum Bandara Internasional Hang Nadim, Suwarso mengatakan dalam 4 bulan belakangan pihaknya telah menggagalkan 3 kali upaya penyelundupan narkotika jenis sabu. Penyelundupan itu rata-rata dilakukan pada hari besar.

“Mereka (penyelundup) melakukannya pada hari besar atau pada saat penumpang padat,” ujar Suwarso, kemarin (12/6).

Dia menjelaskan dari tiga tangkapan tersebut pihaknya mengamankan sekitar 2,5 kg. Seluruh barang haram itu hendak dibawa ke luar Batam.

“Ada beberapa tujuan seperti Medan dan Jakarta. Mereka (penyelundup) menyimpannya seperti di selangkangan,” terangnya.

Menurutnya, dengan maraknya penyelundupan tersebut pihaknya turut meningkatkan pemeriksaan terhadap calon penumpang. Termasuk pemeriksaan terhadap barang bawaan.

“Peningkatan bukan hanya pada penumpang saja. Pemeriksaan barang bawaan perlu diperketat,” tegasnya.

Selain meningkatkan pemeriksaan, lanjut Suwarso, pihaknya turut memberikan pelatihan khusus terhadap petugas bandara. Dimana kemampuan ini bertujuan membaca gerak-gerik penyelundup tersebut.

“Ada petugas khusus yang membaca gerak gerik penumpang. Jika ada yang mencurigakan sudah diinstruksikan untuk melakukan penggeledahan,” paparnya. (opi)

Respon Anda?

komentar