Siapa Kita? Komunikasi Massa Gaya Politik Amerika

497
Pesona Indonesia

Hillary Clintonbatampos.co.id – Pernyataan-pernyataan Trump yang kontroversial digunakan Hillary dalam iklan kampanyenya. Iklan tersebut akan dipakai Hillary untuk kampanye pada pemilu mendatang.

Meski primary masih jauh, Hillary memang digadang bakal menjadi perwakilan dari Demokrat. Hillary menggunakan iklan terbaru itu untuk menunjukkan bahwa Trump adalah kandidat yang suka memecah belah dan tidak toleran.

’’Hari ini kita menghadapi pilihan tentang siapa kita sebagai sebuah bangsa,’’ ujar Hillary di awal iklan yang bakal disiarkan di berbagai televisi nasional pada Kamis mendatang tersebut.

Setelah itu, muncul rekaman Trump yang tengah merespons demonstran di depannya.

’’Saya ingin menonjok wajahnya,’’ tutur Trump pada demonstran di depannya.

Video iklan bertajuk Who We Are tersebut dibuat bersahut-sahutan antara pernyataan Hillary dan rekaman dari pernyataan-pernyataan kontroversial Trump saat kampanye.

Termasuk di antaranya saat Trump mengejek reporter yang mengalami disabilitas. Menjelang akhir iklan, Hillary menanyakan ingin Amerika seperti apa.

’’Terpecah belah atau kuat dan bersatu? Saya yakin kita akan selalu kuat jika bersama,’’ kata Hillary. Iklan itu diakhiri slogan terbaru dari ibu satu anak tersebut. Strongger Together (Kuat Bersama, Red).

Dibandingkan dengan Trump, iklan Hillary memang lebih banyak. Sebab, dia mendapatkan dukungan penuh dari lembaga pendanaan independen Priorities USA Action. Iklan yang mereka biayai meluncur sejak pertengahan Mei lalu di delapan negara bagian. Yaitu, Ohio, Florida, Virginia, Colorado, Nevada, New Hampshire, Iowa dan North Carolina.

Selama kampanye primary, iklan Hillary telah menghabiskan hampir USD 50 juta (Rp 666,9 miliar). Iklan Who We Are itu pun belum diketahui diputar di media mana saja. (The New York Times/sha/c15/kim)

Respon Anda?

komentar