Tak Adil, Cuma Fans Rusia yang Kena Sanksi UEFA

599
Pesona Indonesia
Kerusuhan terjadi antar fans Inggris vs Rusia. Foto: indenpendent
Kerusuhan terjadi antar fans Inggris vs Rusia. Foto: indenpendent

batampos.co.id – Inggris boleh saja gembira karena UEFA lewat situs resminya mengatakan hanya akan memberikan sanksi untuk Rusia. Hal ini dinilai tak adil karena insiden mengerikan jelang dan sesudah laga Inggris v Rusia, Minggu (12/6/2016) dini hari WIB terjadi akibat kedua kubu tak bisa menahan diri.

Ya, memang telah terjadi bentrok berdarah yang menyebabkan sejumlah orang terluka di sekitar Stade Velodrome. Beberapa Ultras Rusia secara tiba-tiba menyerang pendukung Inggris dan warga lokal yang menyaksikan laga Inggris kontra Rusia.

Meski sudah memastikan akan memberi sanksi kepada RFU (Asosiasi Sepak Bola Rusia), namun UEFA belum menyebutkan bentuk sanksinya. UEFA masih akan dilakukan pembicaraan lebih lanjut dalam beberapa hari ke depan.

“UEFA mengecam kekerasan dan aksi penyerangan yang terjadi di pusat kota Marseille. Khusus kejadian yang terjadi di Stade Velodrome, kami menganggap itu insiden sangat serius,” tulis UEFA di situs resmi mereka.

Menurut UEFA, tindakan fans Rusia tersebut tak bisa diterima dan tak dapat tempat di sepakbola.

“Proses penyelidikan terhada RFU kami buka. Sejumlah pelanggaran telah dilakukan fans Rusia yakni mengganggu penonton, menyalakan kembang api, dan melempar flare. Putusan terkait sanksi akan kami tetapkan dalam beberapa hari ke depan,” tulis UEFA.

Kejadian tersebut tentunya menodai turnamen Euro 2016. Sepak bola yang bisa menjadi sarana tepat menyatukan antarnegara justru digunakan sebagai ajang keributan. Di tengah konsisi keamanan tingkat tinggi, jelas harus ada pihak yang bertanggung jawab dan layak mendapat sanksi. (epr/JPNN)

Respon Anda?

komentar