Siap-siap, 90 Persen Calon Jamaah Haji Sudah Melunasi Biaya Haji

408
Pesona Indonesia
ilustrasi sumber ; JPNN
ilustrasi sumber ; JPNN

batampos.co.id – Sebanyak 338 jemaah haji asal Batam telah melakukan pelunasan biaya haji tahap pertama. Untuk tahun ini Batam akan memberangkatkan sekitar 385 jemaah calon haji. Jamaah bisa melakukan pelunasan melalui Bank yang telah ditentukan.
Kepala Bagian Pendaftaran dan Pembatalan Haji, Kantor Kementrian Agama (Kemenang) Kota Batam, Shauqi mengatakan pelunasan tahap pertama akan berakhir pada 10 Juni 2016 kemarin. Bagi yang belum melunasi, bisa melanjutkan pada tahap kedua 20-30 Juni nanti.

“Hingga saat ini masih belum semua, tapi kita tunggu saja, masih ada tahap kedua,” kata dia.

Jumlah kuota haji sudah tersebut sudah terasuk 15 jamaah cadangan. Jika ada jamaah yang sudah masuk kuota batal berangkat,¬† maka otomatis yang cadangan akan naik. “Makanya mereka harus sudah melunasi biaya haji juga,” terangnya.

Untuk fasilitas dan konsumsi menurutnya, tahun ini lebih baik, pemondokkan jamaah juga lebih dekat ke tempat ibadah dari tahun sebelumnya. Untuk antisipasi tragedi tahun lalu, pihaknya juga memberikan pengetahuan rute dan proses selama haji. Tahun ini Provinsi Kepri masih tergabung bersama Provinsi Riau, Kalimantan Barat, dan Jambi.

“Jamaah Batam akan berangkat pada kloter 1 dan 15,” lanjutnya.

Tahun ini Indonesia berencana akan memberangkatkan sekitar 168.800 ribu  jamaah haji, jumlah ini masih mengalami pemotongan sebanyak 20 persen. Jamaah haji akan diberangkatkan dalam dua gelombang. Gelombang I direncanakan akan mulai diberangkatkan pada tanggal 09 Agustus 2016 sampai dengan tanggal 21 Agustus 2016 menuju Madinah.(cr17)

Respon Anda?

komentar