Dinilai Belum Mandiri, Banyak Siswa Didampingi Orang Tua ke Sekolah

486
Pesona Indonesia

 

Penerimaan Siswa Baru
Penerimaan Siswa Baru

batampos.co.id – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Batam, hari pertama calon peserta didik didampingi oleh orangtua mereka masih-masing.

Satria Nilfauza warga Perumahan Arta Guna Lestari, salah satu orang tua dari Ilham Mardiansyah menatakan sudah datang untuk mendaftar di SMK N 1 sejak pukul 07.00 WIB padahal pendaftaran baru saja dimulai pukul 08.00 WIB. “Didampingi kalau ada kekurangan bisa dibantu,” ujar Satria, Senin (13/6).

Satria mengatakan, alasannya menemani anaknya karena dinilai belum mandiri untuk mempersiapkan data-data dan menyiapkan berkas pendaftaran. “Belum yakin kalau dilepas sendiri,” kata Satria.

Meski demikian, Satria sangat optimis kepada anaknya lulus di SMK N 1 Batam, dengan Jurusan yang dipilihan Tehnik Mekatronika. “Semoga saja lulus jadi tidak pusing-pusing lagi mendaftar di sekolah lain lagi,” ucapnya.┬áSatria selalu memberikan yang terbaik untuk anaknya agar dapat lulus dengan murni, dan nantinya bisa mudah untuk meneruskan cita-citanya.

Ketua Panitia PPDB SMK N 1 Batam Mhd. Hudawi mengatakan,
untuk melakukan pendaftaran tidak ada keterakaitannya dengan orangtua, tidak ada kewajiban orangtua untu datang menemani anak mereka. “Sudah kebiasaan orangtua belum bisa memberikan kepercayaan anaknya masih dengan pola di waktu SMP yang dinilai belum mandiri,” kata Hudawi.

Sementara itu, PPDB di SMKN 1 Batam untuk pertama kali calon peserta didik diberikan kesempatan antre untuk melakukan verifikasi data berkas awal, seperti mengecek Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN), rapor semester ganjil yakni satu, tiga, dan lima dengan jumlah nilai rapor minimal 70,75 per mata pelajaran, serta wajib melengkapi surat keterangan bisa membaca Alquran untuk muslim dan bisa baca Alkitab untuk non muslin, dan melakukan pengisian formulir pendaftaran di atas materai enam ribu.

“Jurusan yang diambil sesuai dengan warna map, Tehnik Otomosi (Reguker) warna hijau, Tehnik Otomosi (Scheneider) hijau tua, Tehnik Elektronika biru muda, Tehnik Pemesinan merah, Tehnik Pengelasan kuning, Tehnik Komputer dan Jaringan pink, dan Tehnik Mekatronika bitu tua,” ujar Hudawi.

Lanjut Hudawi, kemudian setelah itu calan siswa melakukan tes verifikasi berkas dan mengikuti tes fisik, buta warna, tes kesehatan, jika lulus baru bisa mengikuti tes wawancara, setelah itu baru mengikuti tes tertulis sesui dengan jurusan dan peminatan yang diambil.

“Besok (hari ini, red) calon siswa akan mengambik surat keterangan terdaftar berupa print out dari SMK N 1 Batam,” ungkapnya.

Untuk informasi mengenai kelulusan PPDB bisa dilihat di website wwwsmkn1Batam.sch.id. Pengumuman resmi akan disampaikan 18 Juni 2016 pukul 00.18 WIB. Untuk daftar ulang bagi yang lulus pada tanggal 20-23 Juni 2016.

“Tes PPDB dilakukan lima hari dari 13 sampai 17 juni. 2016,” ucap Hudawi.

Jika animo peserta calon siswa banyak memilih SMK 1 Batan, Hudawi mengatakan tidak membatasi peserta untuk melakukan pendaftaran perifikasi, semunya akan ditampung sebanyak-banyak mungkin, namun apa bila untuk tes selanjutnya seperti tes fisik, buta warna, tes kesehatan, tes wawancara dan tes tertulis, akan dibatasi sebanyak 300 dalam sehari.

“Nanti akan kita sesuikan sesui dengan jumlah panitia seleksi,” kata Hudawi. (cr14)

Respon Anda?

komentar