Gangguan Server, SMAN1 Gagal dihari Pertama, 510 Pendaftar Pulang dengan Kekecewaan

477
Pesona Indonesia
Penerimaan Siswa Baru
Penerimaan Siswa Baru

batampos.co.id – Hari pertama penerimaan peserta didik baru di SMAN1 Batam diwarnai protes dari ratusan orangtua murid. Pasalnya pendaftaran yang harusnya dimulai sejak pukul 09. 00 WIB gagal dilakukan karena server dari Dinas Pendidikan mengalami gangguan.

Ketua panitia pendaftaran peserta baru SMAN1 Batam, Erdawati mengatakan tim tidak bisa menginput data siswa karena sistem tidak terkoneksi ke Disdik. Sehingga menyebabkan data tidak tersedia.

“Semua data terhubung ke Disdik, kita disini (SMAN1,red) hanya input saja,” kata dia, Senin (13/6).

Panitia hanya menginput nilai rata-rata empat mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA dari semester I,III, dan V dan nilai ujian nasional, setelah itu verifikasi data. “Jika memenuhi persyaratan, siswa akan memperoleh print out sebagai bukti telah terdaftar,” terangnya.

Untuk panitia penerimaan siswa baru, pihaknya menyediakan enam komputer untuk membantu kelancaran proses penerimaan. Sebanyak 16 siswa juga sempat melakukan pendaftaran namun karena data nilai berbeda dengan sistem, semua terpaksa dipending. Ditambah lagi bentuk penilain pada rapor yang berbeda-beda. Pada sistem yang terbaca adalah sistem angka, sedangkan sebagian nilai siswa menggunakan sistem alphabet atau huruf seperti A, B, C, dan D

“Tadi sudah sempat kita coba, namun karena semua nilai dan penulisan nilai yang berbeda terpaksa semua kami pending dulu,” jelasnya.

Untuk tahun pelajaran 2016/2017 SMAN1 Batam menerima sebanyak 128 siswa atau sekitar enam kelas. Jumlah ini jauh berkurang tahun sebelumnya yang mencapai 400 lebih.

Pantauan Batam Pos di lapangan puluhan orangtua murid sudah berada di SMAN1 Batam sejak pukul 06.00 WIB, padahal sekolah baru dibuka pada pukul 07.00 WIB. Sebanyak 510 nomor antrian telah dibagikan. Karena sistem tidak kunjung berfungsi, ratusan orangtua terpaksa pulang dengan wajah kekecawaan, setelah panitia mengumumkan tidak bisa melakukan pendaftaran pada pukul 14.00 WIB dan akan dilanjutkan besoknya.

Hemanto, misalnya sudah berada di SMAN1 Batam sejak pagi pukul 06.00 WIB untuk mengambil nomor antrian, dan berhasil mendapatkan nomor antrian 10 pertama.

“Sudah dari pagi disini, tapi tidak bisa daftar karena sistemnya gangguan,” kata pria yang tinggal di Tiban Mas ini dengan wajah kecewa.(cr17)

Respon Anda?

komentar