KPK Tak Temukan Unsur Pidana di Kasus Sumber Waras, Ahok Aman

648
Pesona Indonesia
Ketua KPK Agus Rahardjo. Foto: dokumen JPNN.Com
Ketua KPK Agus Rahardjo.
Foto: dokumen JPNN.Com

batampos.co.id -Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama alias Ahok bisa bernafas lega. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tak menemukan unsur melawan hukum di pembelian lahan Rumah Sakit Sumber Waras (RSSW) oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Penyidik kami tidak menemukan perbuatan melawan hukumnya. Karena itu jalan satu-satunya kita lebih baik mengundang BPK, ketemu dengan penyidik kami,” kata Ketua KPK Agus Rahardjo di gedung DPR Jakarta, Selasa (14/6/2016).

Agus memastikan tidak ditemukannya perbuatan melawan hukum di kasus RSSW bukan suara pimpinan KPK, tapi penyelidik. Karena itu, kasus ini bisa saja dihentikan.

“Kalau sudah penyidikan KPK tidak boleh memberhentikan. Ini kan masih di penyelidikan. Karena mereka (penyelidik) tidak menemukan, itu bukan suara pimpinan loh. Itu suara dari bawah,” ujar Agus.

Pihaknya menambahkan dalam pertemuan tersebut akan disandingkan data audit BPK dengan hasil penghitungan KPK bersama para ahli dari UI, UGM, hingga MAPI. Sehingga bisa ditentukan ada kerugian negara atau tidak.

“Tapi kami perlu hati-hati tidak semua saran kita putuskan iya. Makanya mau ketemu lagi dengan satu instansi, undang BPK  untuk ketemu dengan penyidik kami,” tambahnya.(fat/jpnn)

Respon Anda?

komentar