Museum Daerah Natuna Dibangun Tahun ini

385
Pesona Indonesia
Koleksi di Museum Sri Srindit Ranai. foto:dok
Koleksi di Museum Sri Srindit Ranai. foto:dok

batampos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Natuna Agus Supardi, memastikan pembangunan museum daerah akan dibangun tahun 2016 ini.

Museum nantinya, sebagai tempat melestarikan kebudayaan dan peninggalan Natuna mulai zaman prasejarah. Sebab Natuna banyak memilki peninggalan benda benda kuno, baik barang pecah-belah hingga kapal berusia ribuan tahun.

“Pemkab Natuna sudah tanda tangani MoU dengan Direktur Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Terkait anggaran pembangunan Museum Natuna,” ujar Supardi.

Dengan MoU tersebut, katanya, pembangunan museum sepenuhnya dari APBN. Alokasinya bertahap dan secara keseluruhan sekitar Rp 30 miliar.

Menurut Agus Supardi, dengan direalisasikannya pembangunan museum nantinya, diharapkan benda benda prasejarah bisa diselamatkan dan dilestarikan. Untuk dunia pendidikan lokal maupun internasional.

“Tahun ini akan dikucurkan Rp 4 miliar untuk tahap pertama pembangunan. Daerah sudah siapkan lahan satu hektare di komplek masjid agung dan desain bangunan,” kata Supardi.

Seperti diketahui, benda peninggalan yang ditemukan di Natuna, sebagian besar peninggal peradaban dari berbagai negara. Salah satunya yang mendominasi negeri tirai bambu.

Bahkan saat ini, benda-benda peninggaln sudah banyak pindah ke luar daerah, dan diperdagangkan. Saat ini, Natuna yang dikenal gerbang atlantis yang hilang mejadi tempat penelitian-penelitian para ahli, salah satunya bidang arkeolog.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar