Pendapatan Reklamasi Digerogoti Oknum

513
Pesona Indonesia
Ketua Komisi II DPRD Kota Batam, Yudi Kurnain. Foto: Ist
Ketua Komisi II DPRD Kota Batam, Yudi Kurnain. Foto: Ist

batampos.co.id – Maraknya proyek reklamasi di Kota Batam tak sebanding lurus dengan pendapatan asli daerah (PAD) yang dihasilkan. Retribusi galian c banyak digerogoti oknum PNS, politisi, hingga aparat. “Faktanya memang seperti itu,” ungkap Ketua Komisi II DPRD Kota Batam, Yudi Kurnain, Senin (13/6).

Yudi mengatakan, para oknum yang menjadi beking pengusaha atau developer menguras sebagian besar PAD untuk kepentingan dan keuntungan pribadi. “Mereka (oknum) yang menikmati. Yang dibayarkan kepada daerah hanya sebagian kecil saja,” kata Yudi Kurnain.

Padahal retribusi ini satu-satunya pendapatan daerah yang didapat dari sektor reklamasi. “Yang sah itu saja, itupun tercecer di tengah jalan,” beber politikus berambut gondrong itu.

Anehnya, tidak ada yang bisa berbuat banyak. Seluruh instansi terkait dibungkam. “Dulu, DPRD saja tak bisa bersuara. Kalah banyak suaranya,” kata ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Amanat Nasional (DPC PAN) Kota Batam ini.

Tak heran, meskipun reklamasi merusak lingkungan hidup serta mengganggu alur transportasi laut, keberadaannya tidak ada yang berani menganggu. “Mumpung lagi ramai disuarakan di pusat, kita suarakan juga di daerah,” kata Yudi lagi.(hgt)

Respon Anda?

komentar