60 Pejabat di Bintan Dimutasi Agustus Mendatang

1088
Pesona Indonesia
Apri Sujadi. foto:fatih/batampos
Apri Sujadi. foto:fatih/batampos

batampos.co.id – Bupati Bintan, Apri Sujadi mengatakan sebanyak 60 pejabat yang mengemban tugas di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bintan akan dirombak posisinya pada Agustus mendatang. Mereka berasal dari Eselon II sebanyak 35 orang, Eselon III sebanyak 10 orang dan Eselon IV sebanyak 15 orang.

“Kepala Dinas (Kadis), camat dan lurah akan saya rombak semuanya. Mungkin perombakan ini akan saya lakukan dua bulan lagi,” ujarnya saat melaksanakan Safari Ramadan di Masjid Al-Makruf Desa Kelong, Kecamatan Bintan Pesisir, Senin (13/6) malam.

Tahap pertama ia telah melakukan tes kepada 35 Eselon II. Tes yang dilakukan oleh Assesment dari lembaga assesment centre asal Semarang yaitu Ananda LPT. Tahap kedua juga telah dilakukan seleksi kepada 10 Eselon III dan 15 Eselon IV. Semua yang dites dan diseleksi mencakup kompetensi, pengalaman, loyalitas dan beberapa variabel penting lainnya.

Dengan melakukan tes maupun seleksi ini, lanjutnya, dipastikan untuk penempatan Eselon II, III, dan IV akan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki masing-masing individu karena penilaiannya dilaksanakan sangat ketat. Sehingga tidak ada satupun pejabat yang bisa melakukan tindakan permainan curang apapun.

“Nama-nama pejabat yang bakal dimutasi itu sudah ada dalam genggaman saya dan Pak Dalmasri Syam (Wakilnya). Kami akan umumkan nama-namanya Agustus mendatang,” katanya.

Sementara, Kepala Bagian (Kabag) Mutasi Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Bintan, Hasis mengatakan khusus untuk pengisian Jabatan Pimpinan Tertinggi (JPT) yang setingkat dengan golongan Eselon II bakal dipromosikan dengan cara melakukan seleksi secara terbuka. Hal ini dilakukan sesuai yang diamanatkan olah Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dalam merekrut pegawai yang layak mengisi JPT.

“Untuk perekrutan Eselon II atau Kadis harus dilelang secara terbuka. Ini sesuai sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara (Permenpan) Nomor 13 Tahun 2014,” katanya.

Tetapi sebelum melakukan seleksi secara terbuka lanjutnya, pihak BKD terlebih dahulu membentuk tim panitia seleksi (Pansel) dalam merekrut pegawai yang layak mengisi JPT. Dalam Pansel ini terdiri dari lima orang diantaranya dua orang berasal dari internal BKD dan tiga orangnya lagi dari tokoh masyarakat, akademisi serta pensiunan yang berpengalaman dibidangnya.

Pegawai yang akan diseleksi untuk mengisi JPT ini, sambungnya sesuai dengan jumlah kursi yang saat ini ditempati oleh pejabat eselon II yaitu berjumlah 35 Kadis, beberapa pejabat yang mengemban posisinya sebagai kabag dan staff ahli.

“Tapi seleksi JPT ini akan dilaksanakan sesuai dengan jngka waktu yang dianjurkan dalam UU. Yaitu setelah enam bulan kepala daerah yang baru menjabat,” pungkasnya. (ary/bpos).

Respon Anda?

komentar