80 Persen Drainase Tanjungpinang Bermasalah, Akibatkan Banjir

342
Pesona Indonesia
Banjir menggenangi Jalan Pemuda Tanjungpinang, Jumat (6/5). foto:yusnadi
Banjir menggenangi Jalan Pemuda Tanjungpinang, Jumat (6/5). foto:yusnadi

batampos.co.id – Plt Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tanjungpinang, Amrialis mengatakan, penyebab utama banjir yang kerap terjadi di Kota Tanjungpinang adalah saluran drainase yang bermasalah, yang berakibat terhadap tersumbatnya aliran air yang seharusnya langsung bermuara ke laut.

“(Ada) 80 persen drainase di perkotaan bermasalah. Dan sejak tahun 1980-an belum ada pembenahan yang maksimal,” ujar Amrialis ditemui di sela kegiatannya meninjau drainase, Selasa (14/6).

Untuk memperbaiki drainase yang bermasalah Itu, pihaknya akan segera melakukan normalisasi. Hanya saja, pihaknya kerap menemui kendala.

“Drainase ini harus dikeruk dan diperbaiki supaya air lancar. Tapi kebanyakan sulit ditangani, alat berat tak bisa masuk, karena sudah dibangun warga,” ujarnya.

Tapi, Amrialis mengatakan, pihaknya tetap akan mengupayakan supaya normalisasi dapat dilakukan. “Tahun 2016 ini akan kita lakukan. Secara bertahap,” ujarnya.

Dalam upaya pencegahan banjir, Pemko Tanjungpinang juga menggandeng Badan Wilayah Sungai (BWS) Sumatera. “Untuk pekerjaan besar ditangani BWS,” ujarnya. Kerja sama tersebut tentu sangat membantu, maklum karena anggaran defisit Dinas PU Kota Tanjungpinang tidak memiliki anggaran lebih untuk penanganan banjir. “Hanya ada Rp 700 juta. Dan itu adalah anggaran rutin,” ujarnya.

Pihak BWS juga berkesempatan hadir dalam peninjauan drainase dan titik banjir. Beberapa yang menjadi fokus, yaitu perumahan Seijang, Kampung Kolam dan Sukaberenang.

Hasil tinjauan, dikatakan Amrialis akan menjadi rujukan untuk penyusunan Detailed Engineering Design (DED) pembuatan waduk atau kolam retensi yang akan dilengkapi klep.

“Mudah-mudahan DED tahun 2016 ini dapat dilaksanakan,” ujarnya. Amrialis berharap, dengan adanya bantuan dari BWS Sumatera, tahun 2017 banjir dapat ditangani. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar