Ayo Donor Darah PMI Batam Buka Setiap Hari

1286
Pesona Indonesia
PMI
PMI-cecep mulyana

batampos.co.id – Dokter umum Palang Merah Indonesia (PMI) Batam, dr Saul Melvin Rajagukguk mengatakan Ramadan ini sekitar 500 kantong darah yang tersedia di PMI Batam.

Walau demikian, lanjut Saul, ketersediaan darah tak menjamin kebutuhan darah selalu tercukupi, karena besarnya kebutuhan darah setiap saat tak bisa diduga. Jika rumah sakit banyak membutuhkan, otomatis PMI akan kekurangan stok.

“Setiap darah ada kadaluarsanya, juga misal ada aja yang kecelakaan, operasi juga melahirkan,” kata Saul saat ditemui di Markas PMI Batam, Batamcenter, kemarin.

Untuk itu, menjaga ketersediaan darah, dia berharap masyarakat tetap ada yang mendonor. “Tanjung Uban baru ini saja booking empat kantong,” ungkapnya.

Menurutnya, jika masyarakat ingin mendonor darah dapat mendatangi Unit Transfusi Darah PMI Batam di Markas PMI Batam di samping Politeknik Batam. Layanan akan dibuka setiap hari dengan rincian Hari Senin hingga Sabtu dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB, sementara Minggu dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

“Kalau mau donor silahkan datang saja. Tak usah takut,” ujarnya.

Dia mengatakan masyarakat yang datang akan mengisi formulir, selanjutnya akan dicek apakah layak menjadi pendonor atau tidak. “”Kalau layak akan mendonor, tapi kalau nggak akan ditolak,” pungkasnya. (cr13)

Respon Anda?

komentar