Disnaker Himbau Perusahaan Bayar THR Dua Minggu Sebelum Lebaran

563
Pesona Indonesia
buruh
ilustrasi buruh sumber: ketemulagi.com

batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja Kota Batam menghimbau seluruh perusahaan yang di Batam membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) karyawan dua minggu menjelang lebaran.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja Disnaker Kota Batam, Sriyanto mengatakan sudah mengirimkan surat edaran kepada seluruh perusahaan terkait THR.

“Kami sudah surati, dan kami berharap semua dapat melaksanakan,” kata dia.

Sekarang ini, sesuai dengan surat edaran Menteri Ketenagaa Kerjaan nomor 1/MEN/VI/2016 tentang pembayaran THR tahun 2016. Jelas tertulis THR keagamaan diberikan kepada pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja satu bulan memperoleh THR secara proposional sesuai masa kerja. Sedangkan yang satu tahun akan menerima THR sebesar satu bulan gaji.

“Jumlahnya sesuai dengan perhitungan UMK Batam yakni sebesar Rp 2.9 juta. Paling lambat satu minggu jelang lebaran, semua sudah harus diselesaikan, ” jelas pria yang menjabat dua tahun ini.

Untuk menganisipasi timbulnya keluhan dalam pelaksanan pembayaran THR keagamaan Disnaker bersama beberapa serikat kerja juga akan membentuk Pos Komando Satuan Tugas Ketenagakerjaan Peduli Lebaran Tahun 2016.

“Kami sudah bicarakan dengan serikat, secepatnya akan segera dibentuk,” tutup pria lulusan UIR ini.(cr17)

Respon Anda?

komentar