Jelang Mudik, Atap Ponton Pelabuhan Belum Diperbaiki

516
Pesona Indonesia
Ponton Pelabuhan Tanjungbatu yang tanpa atap. foto:imam soekarno/batampos
Ponton Pelabuhan Tanjungbatu yang tanpa atap. foto:imam soekarno/batampos

batampos.co.id – Aktivitas arus mudik melalui Pelabuhan Tanjungbatu bakal kurang nyaman. Pasalnya, atap ponton yang diterbangkan angin enam bulan lalu belum juga diperbaiki.

Hingga sepekan Ramadan, belum ada upaya perbaikan yang dilakukan Pemerintah Karimun. Padahal sebelumnya Bupati Karimun Aunur Rafiq pernah berjanji akan segera memperbaiki kerusakan atap ponton tersebut.

Karena keterbatasan fasilitas, ponton masih tetap dioperasikan meskipun dalam kondisi tanpa atap. Hal itu terlihat setiap harinya, sejumlah kapal ferry maupun kapal cepat berbagai tujuan bersandar untuk menaikan dan menurunkan penumpang. Kondisi ini sering dikeluhkan penumpang selain panas juga dirasa cukup menghawatirkan.

Menanggapi keluhan penumpang, Kepala syahbandar Tanjungbatu Octavinas Nazman sebelumnya pernah menyampaikan jika kerusakan itu sudah dilaporkan ke Pemerintah Daerah Karimun. Namun hingga kini belum juga ada perbaikan, pihaknya selaku operasional tidak dapat berbuat banyak.

“Jika melihat kondisi ponton tidak memungkinkan untuk dioperasikan, karena tidak ada pilihan lain. Kondisi ini memaksa ponton tanpa atap terpaksa digunakan,” katanya.

Ponton dibangun Pemerintah Daerah Karimun dalam beberapa tahun lalu. Kemudian awal Februari lalu terjadi musibah angin ribut dan menerjang atap ponton sehingga roboh. Saat kejadian aktifitas pelabuhan sepi sehingga tidak ada korban jiwa, sayangnya sampai sekarang belum ada perbaikan.

Sementara tidak lama lagi aktifitas pelabuhan bakal padat seiring dengan arus mudik dan balik lebaran, meskipun demikian pihak syahbandar mulai berbenah dengan melakukan perbaikan kantor lama. Bahkan ruang tunggu dan bangku penumpang juga telah disiapkan, selain itu fasilitas toilet, tempat salat juga sudah disiapkan. (ims/bpos)

Respon Anda?

komentar