Laporan Keuangan Natuna Bermasalah, Dapat Opini WDP

360
Pesona Indonesia
Daeng Ahmar, Wakil Ketua II DPRD saat menerima predikat WDP dari BPK Kepri. foto:aulia rahman
Daeng Ahmar, Wakil Ketua II DPRD saat menerima predikat WDP dari BPK Kepri. foto:aulia rahman

batampos.co.id – Laporan penggunaan keuangan Kabupaten Natuna tahun 2015 tak lagi meraih opini Wajar Tanpa Pengecualiaan, tapi wajar dengan pengecualian (WDP).

Predikat WDP tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan keuangan oleh BPK, yang diserahkan ke DPRD. Diduga munculnya predikat WDP karena masa pilkada.

Wakil Ketua DPRD Natuna, Daeng Amhar, mengatakan predikat WDP akan menjadi pembahasan di DPRD. Agar laporan keuangan tidak bermasalah lagi. Sebab WTP sudah diraih 2 tahun sebelumnya.

“WTP ini sulit dicapai tanpa dukungan semua pihak, baik DPRD dan Pemdanya, kedepan Natuna ini harus lebih baik dan lebih,” kata Amhar.

Dikatakan Amhar, WDP yang diterima Natuna disebabkan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan yang kurang. Kemudian laporan sistem pengendalian intern yang tak lengkap hingga laporan kepatuhan terhadap peraturan perundangan yang tidak menyajikan data yang tidak sesuai dengan standar akutansi pemerintahan. Jika ketiga item kurang, nilainya WDP.

“Meski WDP tak berarti LHP pemerintah daerah Natuna buruk, kedepannya perlu pembenahan, hanya saja sangat disayangkan, sudah dua tahun berturut turut dapat WTP ,” kata Amhar kemarin.

DPRD kata Amhar, terus mendukung program-program pemerintah daerah yang sudah tertuang dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) dan Rancangan Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RJPD) dan sesuai visi dan misi Bupati dan wakil Bupati Natuna terpilih.

Kemudian tambah Daeng Amhar, pihaknya berharap bahwa pencapaian nilai WDP oleh pemerintah tidak membuat kinerja pemerintah daerah Natuna lemah. Ia meminta kinerja pemerintah kedepan lebih baik dari
sekarang.

“Meraih WTP merupakan salah satu indikator pemerintah dalam menggunakan anggaran yang baik dan benar. Tapi sangat disayangkan tahun ini hanya meraih WDP. Kita berharap untuk tahun berikutnya lebih baik lagi,” ujarnya.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar