Lima Negara dengan Durasi Puasa Paling Lama

664
Pesona Indonesia
foto: euronews.com
foto: euronews.com

batampos.co.id – Kita di Indonesia, rata-rata, berpuasa selama 13 jam. Nah, saudara kita di luar negeri harus puasa hingga lebih dari 20 jam karena mendapat sinar matahari lebih panjang.

Berikut lima negara dengan durasi puasa paling ekstrem!

1. Swedia

Negara ini bisa dibilang punya jam puasa paling panjang sedunia. Apalagi pada 2013 lalu, matahari dengan bersemangat menerangi langit Swedia selama 24 jam nonstop! So, penduduk di sana pun harus menjalani puasa seharian. Tantangan ini bakal dirasain penduduk Swedia kalau memasuki musim panas. Jadi, buat yang mau puasaan di luar negeri khususnya Swedia, siapkan niat sekuat baja ya!

2. Islandia

Puasa di Islandia kadang bikin sengsara, kadang juga sangat ringan loh. Tergantung bulan Ramadan jatuh di musim apa. Penduduk di sana bisa puasa selama 20-24 jam saat musim panas. Sebaliknya, saat bertepatan dengan musim dingin, penduduk Islandia hanya puasa selama 2 jam. Wow! Nah sayangnya tahun ini bertepatan dengan summer season loh. Mereka menjalankan puasa sejak pukul 2 pagi dan harus menahan lapar serta haus hingga tengah malam.

3. Jerman

Penduduk muslim Jerman berjumlah jutaan, yang sebagian besar merupakan imigran dan keturunan dari Turki dan Afrika. Mereka menjalani puasa selama 19 jam, yaitu sejak pukul 03.30 pagi hingga 22.00. Meskipun cukup lama, tetap nggak separah Swedia dan Islandia. Oh iya, penduduk muslim di Jerman juga melaksanakan ibadah shalat tarawih berjamaah loh pasca berbuka.

 4. Rusia

Waktu imsak di Rusia jatuh hampir bersamaan dengan Indonesia, yaitu sekitar jam 3 pagi. Tapi bukan berarti jam buka di Rusia sama seperti Indonesia. Sebab, penduduk muslim di sana baru bisa berbuka pada pukul 21.37. Itu artinya kalian akan puasa selama 18,5 jam. Nah, yang paling menantang, ketika bulan Ramadan jatuh pada musim panas nih. Sebab, suhu di Rusia bisa mencapai 33 hingga 40 derajat celcius loh! Bayangin deh gimana panasnya!

5. Inggris

Karena memiliki 4 musim, menjalani puasa di Inggris juga cukup menantang. Puasa dijalankan kurang lebih selama 15 jam. Penduduk muslim di Inggris juga harus bangun sahur sekitar pukul 1 pagi. Soalnya, imsak jatuh pada pukul 02.45. Yang paling menantang iman adalah waktu maghrib di Inggris jatuh pada pukul 20.50. Nah, coba kalau di Indonesia, jam segitu kita sudah selesai shalat terawih kan?

Respon Anda?

komentar