Nilai Tidak Cukup, Siswa Langsung Ditolak Saat Pendaftaran

669
Pesona Indonesia
Penerimaan Siswa Sekolah
Penerimaan Siswa Sekolah

batampos.co.id – GR, 15, keluar dari ruang pendaftaran dengan wajah yang penuh kekecewaan dan mata yang berkaca-kaca. Pasalnya GR tidak lolos seleksi pendaftaran karena jumlah nilai yang tidak mencukupi untuk masuk di sekolah unggulan.

“Tidak bisa masuk, karena nilai kurang,” ujar lulusan SMPN6 Batam ini.

Nurmi, orangtua GR bahkan sempat menemui salah seorang panitia menanyakan kenapa tidak bisa lolos. Setelah mendapat penjelasan dia pun berlalu meninggalkan ruangan pendaftaran.

Nurmi mengungkapkan nilai anaknya memang ada yang tidak memenuhi standar, ada dua nilai yang tujuh sedangkan persyaratan delapan.

“Kami mencoba, walaupun ada nilai yang kurang,” ungkapnya.

Pantauan Batam Pos di lapangan, selama proses PPDB berlangsung ternyata banyak siswa yang ikut mendaftar meskipun nilai tidak memenuhi persyaratan.

“Mana taulah lolos, yang penting kan mencoba,” ujar salah seorang wali murid SMPN3 Batam ini saat mengantri pendaftaran.

Sementara itu Kepala Panitia Pendaftaran Penerimaan Siswa Baru (PPDB), Erdawati mengatakan panitia sudah mengingatkan kepala seluruh siswa, jika nilai tidak mencukupi mungkin bisa beralih ke pendaftaran reguler.

“Namun kenyataannya dari 200 pendaftar, ada sekitar 10 persen dari jumlah siswa ditolak karena tidak memenuhi persyaratan,” terangnya.

Siswa yang memenuhi perusahaan, akan langsung menerima print out bahwa sudah terdaftar di SMAN1 Batam.

“Makanya, siswa yang tidak memenuhi akan langsung tertolak,” jelasnya.

Memasuki hari kedua penerimaan siswa baru di SMAN1 Batam berjalan lancar. Panitia hanya membutuhkan waktu sekitar tiga menit untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

“Tiga menit selesai,” sebutnya lagi.

Tahun ini SMAN1 Batam akan menerima sebanyak 128 siswa atau empat kelas saja. Pemilihan dilakukan berdasarkan prestasi di tingkat Provinsi Kepulauan Riau.

Lanjutnya, setelah pendaftaran, panitia akan melakukan verifikasi selama dua hari sebelum akhirnya diumumkan pada 18 Juni 2016 nanti.

“Sistem akan meranking berdasarkan nilai siswa, 1 sampai 128 itulah yang akan lolos sebagai siswa SMAN1 Batam,” tutup perempuan berjilbab ini. (cr17)

Respon Anda?

komentar