Berpose Hendak Injak Al-Quran, Seorang Pemuda Diamankan Polisi

1408
Pesona Indonesia
(foto: ist.)
(foto: ist.)

batampos.co.id – CA alias Capry (20), warga Kampung Tangah Jorong Koto Dalam Nagari Sungai Aur Kecamatan Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), diamankan oleh pihak kepolisian setelah dianggap melakukan penistaan terhadap agama Islam, Rabu (15/6).

Belakangan ini Capry menjadi orang yang paling dicari aparat dan pemerintah Sumatera Barat karena postingan fotonya di media sosial Facebook yang melecehkan agama Islam. Di foto tersebut, dia berpose hendak menginjak sebuah buku yang diyakini sebagai kitab suci Alquran.

Keyakinan bahwa buku yang diinjak Capry adalah Alquran adalah selain tulisan arab juga latar belakang foto dimana aksi tak terpuji yang dilakukan Capry itu seperti berada di sebuah mushalah atau masjid. Ini terlihat dari tempat imam dan karpet yang ada di dalam foto tersebut.

Postingan di akun facebook yang dilakukan pada Minggu (12/6) itu sontak menghebohkan warga Pasaman Barat dan Sumbar pada umumnya. Selain menimbulkan keresahan, warga juga ingin mencari pelaku penistaan agama itu dan hendak menghakiminya sendiri.

Beruntung aparat pemerintah dan kepolisian cepat bertindak dan berhasil mengamankan pelaku. Waka Polres Pasaman Barat Kompol Rendra Eko Cahyono dan Kasat Reskrim AKP Riko menyampaikan, pelaku bersama empat orang rekannya kini diamankan di Polres Pasaman Barat.

“Pelaku (sudah) diamankan untuk menghindari adanya aksi massa terhadap pelaku yang tidak terima atas perbuatan pelaku,” terang Rendra sebagaimana dilansir dari Padang Ekspres (Jawa Pos Group).

Pihak kepolisian akan menjerat Capry dengan pasal 28 ayat 2 UU ITE n No 11 tahun 2008 JO pasal 156 huruf a, KUHP, tentang Tindakan Penistaan Agama dengan ancaman sekitar 6 tahun penjara. (jpg)

Respon Anda?

komentar