Lima Fraksi Ajukan Hak Angket Terkait Reklamasi

423
Pesona Indonesia

 

Pantai Kampung Belian yang direklamasi. Foto: WB
Pantai Kampung Belian yang direklamasi. Foto: WB

batampos.co.id – Lima fraksi DPRD Batam yakni dari Hanuba, PAN, PPP, Nasdem, serta Gerindra akan mengajukan hak angket terkait reklamasi di Batam.

“Proses pembicaaraan awal teman-teman (Dari lima fraksi yang dimaksud) pada mendukung, tapi penggalangan tandatangan harus jumpa orangnya dulu,” ungkap Anggota DPRD Batam dari Fraksi Hati Nurani Bangsa (Hanuba), Uba Ingan Sigalingging, kemarin.

Menurut Uba, dukungan tersebut dinilai besar, karena berdasarkan ketentuan diperlukan tujuh orang anggota DPRD dari sedikitnya dua fraksi.

Lanjut dia setelah ditandatangi, selanjutnya akan diajukan ke pimpinan DPRD, jika disetujui akan dibahas pada rapat paripurna. “Seandainya disetujui di paripurna akan dibentuk panitia angket,” katanya.

Dia menjelaskan panitia angket ini akan melakukan penyelidikan terkait kebijakan pemerintah yang dianggap merugikan atau menyimpang dari aturan yang berlaku.

“Satu orang dari setiap fraksi yang bekerja selama enam puluh hari yang akan melakukan penyelidikan. (Reklamasi) yang tak berizin, ini akan terjawab dalam proses penyelidikan.” terangnya.

Dia menambahkan jika usulan tersebut disetujui, dipastikan ini adalah kali pertama DPRD Kota Batam, mengajukan hak angket.

Terkait regulasi kebijakan reklamasi saat ini, terkesan berbeda-beda. Pemko Batam dan BP Batam, menggunakan dua Peraturan Presiden (Perpres) berbeda. Pemko, menggunakan perpres 112 tahun 2012, sedangkan BP menggunakan perpres 87 tahun 2011.

“Disini kan sudah berbeda, penggunaan dasar hukumnya. Inilah tugas kita untuk menyelidiki,” ungkapnya. (cr13)

Respon Anda?

komentar