Jokowi Sudah Minta Masukan, Komjen Tito Pilihan Tepat

455
Pesona Indonesia
Komjen Polisi Tito Karnavian, Kepala BNPT yang diajukan Jokowi Jadi Kapolri. Sumber Foto: http://kabarrakyat.co
Komjen Polisi Tito Karnavian, Kepala BNPT yang diajukan Jokowi Jadi Kapolri. Sumber Foto: http://kabarrakyat.co

batampos.co.id – Calon suksesor Kapolri Jenderal Badrodin Haiti selama ini yang paling sering disebut adalah Komjen Budin Gunawan yang saat ini menjabat sebagai Wakapolri.

Namun mengejutkan, Presiden Joko Widodo menunjuk Komjen Tito Karnavian sebagai calon tunggal Kapolri, Rabu (15/6/2016). Benar-benar diluar prediksi publik kalau Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) pilihan Jokowi.

Diplihnya Tito juga mengejutkan karena keluar dari tradisi pergantian Kapolri yang selalu memperhatikan faktor senioritas. Tito melangkahi empat angkatan Akpol sekaligus yang notabene merupakan seniornya, mulai Akpol 1983 hingga 1986.

Namun pilihan Jokowi tidak salah. Tito adalah lulusan terbaik Akademi Kepolisian (Akpol) 1987.

Juru Bicara Presiden Johan Budi S.P. menjelaskan, dalam memilih Tito, presiden sudah merujuk pada UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Polri.

Johan juga mengingatkan, penunjukan sosok Kapolri sepenuhnya merupakan wewenang dan hak prerogatif presiden.

”Meski demikian, dalam menunjuk Tito, presiden juga lebih dahulu mendengar masukan berbagai pihak,” kata Johan.

Tito merupakan jenderal kelahiran Palembang, 26 Oktober 1964. Tahun ini usianya akan memasuki 52 tahun. Bila disetujui DPR, Tito berpotensi menjadi Kapolri dalam jangka waktu yang cukup lama. Sebab, dia akan pensiun per 1 November 2022 atau enam tahun lagi.

Selama berkarier, Tito banyak berkecimpung di bidang reserse sebelum ditugasi ke Densus 88 Antiteror Polri pada 2005. Dia kemudian ditunjuk sebagai Kadensus pada 2009.

Dari sisi kepemimpinan wilayah, Tito pernah memimpin dua polda tipe A, yakni Polda Papua selama dua tahun dan Kapolda Metro Jaya selama sembilan bulan, sebelum akhirnya menjadi Kepala BNPT. Tito memang pilihan tepat. (byu/idr/bay/dyn/gun/c5/c10/c9/kim/jpnn)

Respon Anda?

komentar