Kebutuhan Uang Tunai Masyarakat Meningkat, BI Sediakan Rp 6,2 triliun

503
Kantor Bank Indonesia di jakarta. Sumber Foto: http://moneter.co.id
Kantor Bank Indonesia di jakarta. Sumber Foto: http://moneter.co.id

batampos.co.id – Kebutuhan uang tunai di Kepri pada Ramadhan tahun ini mencapai Rp 2,8 triliun atau meningkat 33 persen dibanding tahun lalu yang mencapai Rp 2,1 triliun.

Namun, masyarakat Kepri tak perlu khawatir, karena Bank Indonesia telah menyediakan uang kertas (UK) dan uang logam (UL) berbagai pecahan dengan total Rp 6,2 triliun.

“Ini adalah untuk antisipasi penukaran UK dan UL pada saat menjelang lebaran nanti. Oleh karena itu masyarakat Kepri tak perlu khawatir, karena jumlahnya sudah cukup,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepri, Gusti Raizal Eka Putera, Selasa (14/6) pada acara bincang dan buka puasa bersama BI, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bank Umum, Bank Perkreditan Rakyat, dan media di gedung BI.

Gusti menjelaskan selama periode bulan Ramadhan sampai Idul Fitri, terjadi peningkatan kebutuhan uang tunai seiring peningkatan transaksi di masyarakat.

“BI telah bekerjasama dengan 35 bank umum yang ada di Batam, 18 di Tanjungpinang, dan 7 di Karimun. Waktu pelayanan penukaran dapat dilakukan pada hari kerja mulai pukul 09.00 sampai 11.00 WIB,” kata Gusti.

BI juga melakukan kegiatan kas keliling selama bulan Ramadhan, dimulai dari Pasar Botania di Batam dan Dabo di Lingga.

“Kami juga akan melakukannya di lapangan Engku Putri dan halaman gedung BI pada 18 Juni dan 25 Juni pada pukul 09.00 sampai 11.00 WIB,” ujarnya lagi.(leo)

Respon Anda?

komentar