Klaim AJB ASN Lingga Mulai Disalurkan ke SKPD

579
Pesona Indonesia
Rapat Tim 9 dan pihak AJB di Jakarta beberapa waktu lalu. foto:net
Rapat Tim 9 dan pihak AJB di Jakarta beberapa waktu lalu. foto:net

batampos.co.id – Ketua Tim 9 sekaligus Asisten Ekonomi Pembangunan Kabupaten Lingga, Kasiman mengatakan terkait klaim Asuransi Jiwa Bumi Putra (AJB) akan disalurkan secara manual melalui bendahara masing-masing SKPD. Hal tersebut disampaikannya dalam pertemuan bersama seluruh ASN Pemkab Lingga di Balai Agung Junjungan Negri, Bunda Tanah Melayu Daik Lingga.

Kabar gembira tersebut, sudah lama dinantikan oleh 2. 719 ASN Lingga. Disampaikan Kasiman, dalam pertemuan tersebut total klaim seluruh ASN Lingga mencapai Rp 17 miliar yang tersimpan di AJB dan mulai dibagikan melalui bendahara masing-masing dinas.

“Hari ini amprah klaim asuransi sudah mulai dibagikan kepada ASN Lingga yang ikut kepesertaan asuransi. Disalurkan secara manual melalui bendahara masing-masing SKPD,” ujar Kasiman, Ketua Tim 9 sekaligus Asisten Ekbang Pemkab Lingga, Rabu (15/6) pagi.

Untuk penerimanya, disampaikan Kasiman lagi, masing-masing ASN menerima dengan jumlah yang berbeda. Sesuai waktu lamanya seorang ASN menjadi peserta dalam asuransi AJB yang dimulai pertama kali tahun 2006. Sebelum dibagikan melalui bendahara masing-masing, Tim 9 telah memvrifikasi terlebih dahulu.

“Kami mulai bekerja pada September 2015 lalu, untuk mengsingkronkan data kepesertaan ASN yang dimiliki Pemkab Lingga dan pihak asuransi,” kata Kasiman.

Sementara soal keterlambatan pencairan dari yang dijadwalkan sebelumnya pada tanggal 9 Juni 2016, dijelaskannya karena transfer dana dari bank yang ditunjuk pihak asuransi dan bank yang berada di Kabupaten Lingga belum selesai.

“Nilai totalnya sekitar Rp 17 miliar. Besarnya nilai transfer ini membutuhkan waktu beberapa hari. ASN di Disdikpora seperti guru hari Jumat mendatang boleh diambil. Untuk (dinas) kesehatan hari ini sudah bisa,” jelas Kasiman.

Dijelaskan Kasiman lagi, penerima klaim AJB utuh menerima hak tanpa ada pemotongan apapun. Sesuai waktu lamanya menjadi peserta asuransi. Begitu juga halnya dengan hak sejumlah ASN Lingga yang beberapa waktu lalu dipecat karena indisipliner menurut Kasiman akan tetap diserahkan apa yang menjadi haknya.

“Tidak ada pemotongan klaim asuransi yang diterima ASN. Untuk sejumlah PNS yang dipecat juga hak mereka berikan,” jelas Kasiman.

Kepercayaan yang telah diberikan pemkab kepada Tim 9 untuk mengurus klain AJB, membuat proses dapat berjalan lancar. Begitu juga kerjasama kedua belah pihak sangat diapresiasi pemkab Lingga dan kesabaran ASN Lingga menanti proses sejak diputuskannya kerjasama pada Agustus 2015 lalu. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar