Masa Kecil Tito Karnavian Suka Baca Cerita Detektif

1076
Pesona Indonesia
Orang Tua Komjen Tito Karnavian, H Achmad Saleh dan Hj Kardiah Supriyatini.
Orang Tua Komjen Tito Karnavian, H Achmad Saleh dan Hj Kardiah Supriyatini.

batampos.co.id – Sejak kecil Tito Karnavian, anak kedua dari empat bersaudara dididik penuh dengan kedisplinan. Pun bagi ketiga saudara Tito yakni Prof Dr Diah Natalisa MBA, Dr Iwan Dakota SpIP, dan dr Fifa Argentina SpKK.

Adalah H Achmad Saleh dan Hj Kardiah Supriyatini, orangtua Tito yang menanamkan pendidikan disiplin pada Tito. Maka jangan heran, karakter itu terpatri hingga sekarang.

“Sangat konsisten, berkomitmen, dan disiplin. Dia juga punya semangat tinggi,” ujar Achmad Saleh saat ditemui awak Sumatera Ekspres (JawaPos Grup) di kediamannya di Jalan Sambu No. 36 Rt 02 Rw 01, Palembang, Rabu (15/6).

Achmad mengungkapkan, sejak kecil, Tito sangat gigih dalam menuntut ilmu. Tak pelak, pria kelahiran Palembang, 26 Oktober 1964 tersebut sering menolak ajakan rekan sejawatnya buat bermain bersama.

Pernah suatu ketika, lanjut Achmad, Tito diajak teman-teman sebayanya nongkrong di Garuda (maksudnya bioskop Garuda, salah satu bisokop di jalan Merdeka, yang pernah populer di Palembang saat itu.

“Tapi, Dia tidak mau main atau ikut nongkrong kalau tugas sekolah  atau PR-nya, belum selesai dikerjakan. Pokoknya, tugas harus selesai dulu, baru dia mau main,”sambung pria kelahiran Lubuklinggau, 28 Agustus 1938 itu.

Dia memaparkan, putranya itu juga gemar membaca. Teruatma cerita-cerita seputar petualangan atau kepahlawanan.

“Termasuk cerita seperti detektif,” tambah dia.

Semasa kecil pula, kata Saleh, Tito juga senang main perang-perangan.  Menurut Saleh, ketika main perang-perangan, Tito kecil tidak mau “mati” ketika kena tembak oleh teman-temannya saat perang-perangan tersebut.

“Kata Tito, yang kena tembak cuma tangannya. Jadi, mana bisa mati,”sambungnya.

Dijelaskan Achmad, ada satu kesan mendalam soal Tito kecil. Yakni saat keluarganya tinggal di daerah Tangga Buntung 36 Ilir, atau dekat Sungai Musi.

“Jadi masa kecil Tito itu sering sekali berenang di Sungai Musi bersama teman-teman sebayanya. Bahkan kalau lagi berenang, Tito kecil dulu bisa menyeberangi Sungai Musi,” ujar Saleh.(vis/mam/JPG)

Respon Anda?

komentar