Pejabat Yang Suka ‘Titip’ Murid Akan Diumumkan

773
Pesona Indonesia
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin.

batampos.co.id – Saat penerimaan murid baru di Batam, budaya titip menitip selalu ada. Tahun ini Kadisdik Kota Batam Muslim Bidin mengungkapkan, budaya tersebut juga masih ada.

Menanggapi hal ini, anggota DPRD Kota Batam Riky Indrakari meminta Muslim Bidin untuk membuka siapa saja yang ingin melakukan titip menitip tersebut. “Buka saja, biar khalayak ramai tau. Siapa yang suka melakukan hal tersebut,” katanya pada Batam Pos, kemarin.

Ia mengatakan budaya titip menitip ini, sudah sangat berurat dan berakar di pendidikan Kota Batam. Sehingga sangat susah mengubah paradigma masyarakat. Budaya ini ibarat penyakit kambuhan, yang tiap tahun selalu ada. “Tahun lalu juga ada, tahun ini ada. Sangat susah memberantasnya,” kata Riky.

Menurut Riky ada celah digunakan oleh oknum-oknum, untuk menitipkan siswa di sekolah negeri. “Menggunakan sarana jalur bina lingkungan, siswa tak mampu. Celah itu yang digunakan,” ungkapnya.

Salah seorang guru di Batam, yang tak ingin namanya disebutkan. Bahwa mereka tak berdaya mengahadapi aksi titip menitip ini. Sebab aksi ini dilakukan oleh pejabat-pejabat.

“Bila tak ingin ada hal ini, tak di Indonesia kita tinggal. Mungkin baru musnah budaya ini,” ucapnya.

Ia mengatakan bahwa sebagai guru, yang bisa dilakukannya adalah bagaimana mendidik murid-muridnya sebaik mungkin. “Nanti bila memang banyak yang masuk dari titipan. Kita ajari saja murid-murid itu dengan baik,” pungkasnya. (ska)

Respon Anda?

komentar