Bayi Achiang Dijual 8 Ribu Dolar Singapura

1006
Pesona Indonesia
 Seorang perawat sedang mengurus Achiang di ruang bayi RSB Kasih Sayang Ibu, Kamis (16/6). F. eggy /Batam Pos
Seorang perawat sedang mengurus Achiang di ruang bayi RSB Kasih Sayang Ibu, Kamis (16/6). F. eggy /Batam Pos

batampos.co.id – Jajaran Polda Kepri berhasil mengungkap sindikat pelaku penjual anak yang beraksi di Batam.

Pelaku berasal dari Tanjungbatu, Karimun dan berjumlah tiga orang. Mereka yakni Ya, 31, dan pasangan suami istri (pasutri) Ba, 55, dan Ea, 47.

Sindikat ini terkuak setelah pelaku akan menjual seorang bayi bernama Achiang, Rabu (15/6) sore di Perumahan Cahaya Garden, Bengkong Blok M. Bayi berusia 2 bulan, 3 hari tersebut dijual seharga 8 ribu dolar.

Kanit 1 Subdit IV Ditreskrimum Polda Kepri, AKP Yunita Stevani mengatakan pengungkapan tersebut berdasarkan informasi masyarakat. Dimana pelaku akan bertemu dengan calon pembeli.

“Saat mau transaksi kita lakukan penangkapan,” ujar Yunita di RSB Kasih Sayang Ibu, Batamcentre.

Informasi yang didapatkan, Achiang merupakan anak dari pasangan Ai dan Al. Pasutri asal Meranti, Selapanjang tersebut baru menetap di Batam dan menumpang di rumah kerabatnya di Perumahan Putri Hijau Sagulung.

Pasutri tersebut tak memiliki pekerjaan dan tergolong warga tak mampu. Mereka berencana menitipkan putra kelimanya tersebut karena himpitan ekonomi.

“Anak-anak mereka sudah dewasa. Karena mereka tidak mampu, makanya anak ini hendak dititipkan atau diberikan ke orang lain,” tutur Yunita.

Namun, niat pasutri tersebut dimanfaatkan pelaku untuk menjualnya. Pelaku mencari pembeli bayi tersebut yang diduga merupakan warga negara asing (WNA).

“Pelaku ini menjadi perantara. Mereka sengaja datang ke Batam untuk menjual bayi itu,” tuturnya.

Yunita menambahkan selain pelaku, pihaknya turut mengamankan Achiang. Saat ini bayi tersebut dalam keadaan sehat dan dititipkan ke RSB Kasih Sayang Ibu, Batamcentre.

“Kondisinya sehat. Sekarang sudah ditangani dokter dan dijaga perawat,” paparnya.

Pelaku sudah beberapa kali beraksi dan menjual bayi di Batam. Mereka menjual bayi tersebut dengan harga bervariasi.

“Pengakuan mereka sudah beberapa kali. Dan beberapa diantaranya tak terbukti,” ujar salah seorang sumber Polda Kepri.

Sementara itu, Kasubdit PPA Ditreskrimum Polda Kepri, AKBP Ponco Indriyo mengatakan saat ini pihaknya sudah mengamankan pelaku.

“Masih kita mintai keterangan. Besok kami ekspos,” ujarnya singkat.

Pantauan Batam Pos di RSB Kasih Sayang Ibu, Batam Centre, Achiang dirawat di ruang bayi lantai III. Bayi ini juga mendapat penjagaan dari anggota Polda Kepri. (opi)

Respon Anda?

komentar