Karimun Bakal Bebas dari Pemadaman Listrik

2487
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Bupati Karimun, H Aunur Rafiq menegaskan, pada saat ini hingga lebaran nanti, sudah tak ada lagi pemadaman listrik bergilir di Karimun. Sebab, mesin pembangkit listrik PLTD dari yang disewa dari Singapura dengan kapasitas 3 Mega Watt (MW) sudah tiba di Karimun.

”PLN Karimun telah membuktikan komitmennya dengan mendatangkan mesin sewa pembangkit listrik. Senin kemarin sudah dipasang di PLN Karimun,” ujar Aunur usai melaksanakan salat tarawih di Masjid Al Muttaqin, Rabu (16/6) malam.

Terpasangnya mesin sewa pembangkit listrik dari Singapura juga dibenarkan manajer PT PLN Rayon Tanjungbalai Karimun, Dedi Januar. ”Benar sudah dilakukan perakitan mulai Sabtu (11/6) di lokasi PLTD Bukit Carok, dan Senin sudah terpasang,” ujar Dedi.

Sebelumnya ada tambahan mesin baru dengan daya yang sama. Namun, karena PLTU Tanjungsebatak mengalami kerusakan lagi pembangkitnya, maka terjadi defisit daya listrik yang secara otomatis dilakukan pemadaman ke rumah warga.

Sesuai rencana, kebutuhan listrik di Karimun Besar sudah terpenuhi dengan daya mencapai 28,5 MW. Sehingga saat terjadi beban puncak penggunaan di saat Ramadan yang mencapai 25 MW, PLN masih ada daya listrik 3 MW. Artinya PLN masih surplus daya listrik. Dengan demikian, dipastikan tak akan ada lagi pemadaman listrik bergilir ke rumah-rumah warga di Karimun nantinya.

Total keseluruhan mesin pembangkit listrik yang ada di PLTD Bukit Carok ditambah mesin sewaan dari Singapura, ada enam unit. Sementara, PLTU Tanjungsebatak belum ada kabar, sejauh mana perbaikan terhadap mesin pembangkit PLTU di unit I dengan daya 7 MW. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar