Kepri Ingin Contoh Tour de Singkarak dan Tour de Ijen

675
Pesona Indonesia

031015062452_daftar-lengkap-rute-tour-de-singkarakbatampos.co.id – Ikatan Sepeda Sport Indonesia (ISSI) Kepri mendukung event daerah yang berpotensi meningkatkan pariwisata Kepri.

Ketua Harian ISSI Kepri, Daniel Samzon mengatakan, Tour de Barelang dan Tour de Bintan menjadi contoh sukses event daerah Kepri. Ajang balap sepeda internasional tersebut telah dikenal dan berhasil menyedot wisatawan baik lokal maupun asing.

Namun, Daniel menginginkan agar kerjasama antar ISSI Kepri dengan Dinas Pariwisata Batam dan Bintan bisa ditingkatkan lagi. “Kalau bisa ingin mencontoh Tour de Singkarak dan Tour de Ijen,” ujarnya kepada Batam Pos, Kamis (16/6).

Tour de Singkarak adalah kejuaraan balap sepeda resmi dari Persatuan Balap Sepeda Internasional atau Union Cycliste International (UCI) yang diselenggarakan setiap tahun di Sumatera Barat. Begitu juga dengan Tour de Ijen yang merupakan kejuaraan balap sepeda resmi dari UCI yang diselenggarakan setiap tahun di Bayuwangi, Jawa Timur.

Daniel melanjutkan, saat ini sedang ada pembicaraan antara ISSI Pusat dengan UCI agar Tour de Barelang dan Tour de Bintan bisa masuk agenda rutin UCI. “Ini bisa menjadi magnet tersendiri bagi atlet sepeda dunia yang ingin menambah poin,” tuturnya.

Tidak hanya memperkenalkan keindahan daerah Kepri, tapi diharapkan kedua ajang balap sepeda Kepri tersebut bisa memperkenalkan budaya, makanan dan kesenian daerah.

Kedepannya, semoga Tour de Barelang dan Tour de Ijen bisa masuk agenda rutin UCI sehingga tidak hanya menarik wisatawan asing dan lokal tapi juga menarik atlet sepeda dunia. “Program ISSI Kepri sudah sejalan dengan program pariwisata Kepri yang ingin mengenalkan pariwisata Kepri melalui olahraga sepeda supaya lebih mendunia,” ungkap Daniel.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan, Tour de Barelang 2016 yang diselenggarakan Mei lalu merupakan yang kelima kalinya diadakan sejak 2011.

“Kita akan mencontoh Tour de Singkarak, semoga tahun depan bisa lebih baik lagi dan kunjungan wisatawan ke Batam semakin bertambah,” tutup Yusfa. (cr16)

Respon Anda?

komentar