Natuna Menuju Wisata Maritim Dunia

1053
Pesona Indonesia
Pantai Sisi Pulau Serasan Objek Wisata Unggulan Natuna. foto:tipsjalan.com
Pantai Sisi Pulau Serasan Objek Wisata Unggulan Natuna. foto:tipsjalan.com

batampos.co.id – Pemerintah daerah Natuna bakal membutuhkan sumber daya manusia siap pakai dalam membangun daerah menuju kawasan wisata maritim dunia.

Sejumlah Asisten Deputi Kementerian Koordinasi Bidang Kemaritman yang diterima Bupati Natuna Hamid Rizal kemarin, sudah menyiapkan Natuna menjadi kawasan wisata maritim dunia.

Beberapa alasan pemerintah menjadikan Natuna kawasan wisata maritim dunia, karena keberadaan Natuna sangat strategis dalam poros maritim dunia.

Asisten Deputi Hukum dan Perjanjian Maritim sekaligus Asisten Deputi Kedaulatan Maritim, Budi Purwanto mengatakan, kedatangan rombongannya ke Natuna untuk mempersiapkan Natuna menuju kawasan wisata maritim dunia.

Beberapa aspek yang diperhatikan katanya, adalah persoalan kesejahteraan masyarakat. Sehingga ketika Natuna sudah maju, masyarakat lokal tidak miskin dan tertinggal.

Dikatakan Budi, menuju Natuna sebagai kawasan wisata maritim dunia, diperlukan persiapan. Diantaranya adalah pendidikan berbasis pariwisata.

“Kami berharap, Natuna tidak sama kasusnya seperti Bali. Daerah wisata berkembang, pembangunan sebagai panglima, tapi masyarakat tertinggal,” ungkap Budi.

Sementara Bupati Natuna Hamid Rizal mengatakan, pemerintah daerah akan merencanakan kerjasamau dengan SMK Pariwisata di Batam untuk mempersiapkan sumber daya manusia siap pakai.

“Kerjasama pendidikan bidang pariwisata sudah dicanangkan, kebetulan di Batam itu SMK-nya bagus,” ujar Hamid Rizal.

Bahkan Hamid Rizal mengatakan, akan membuka kembali konsep badan perencanaan pembangunan pulau Natuna yang disiapkan BJ Habibi untuk Natuna beberapa tahun lalu.

“Dulu Natuna sudah dikonsep pembangunan kemaritiman oleh pak Habibi. Tapi sekarang dimana konsep itu,” ujar Hamid kepada sejumlah SKPD.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar