Sidang Pemeriksaan Saksi Meringankan Selesai, Wardiaman Lanjutkan Sidang Tuntutan

564
Pesona Indonesia
Wardiaman Zebua saat sidang   Foto: yashinta/batampos
Wardiaman Zebua saat sidang
Foto: yashinta/batampos

batampos.co.id – Sidang terdakwa Wardiaman Zebua yang seharusnya diagendakan untuk mendengar pemaparan saksi ahli dari Penasehat Hukum (PH) terdakwa, Kamis (16/6), nyatanya tidak dapat dihadirkan karena alasan tertentu. Hingga, pemeriksaan saksi-saksi meringankan dinyatakan selesai oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Batam, dan terdakwa Wardiaman segera masuk pada agenda tuntutan.

Sebagai tambahan untuk memperkuat pembelaan terhadap kliennya, PH terdakwa meminta Majelis Hakim untuk menerima bukti surat dengan sembilan bukti surat yang diajukan. Bukti surat tersebut langsung diterima Majelis yang dipimpin Hakim Zulkifli, tanpa dibacakan lagi.

“Bukti surat ini kami terima. Selanjutnya, kepada Jaksa Penuntut Umum (JPU) agar segera menyiapkan nota tuntutannya,” ujar Hakim Ketua Zulkifli.

Dari pihak JPU yakni Bani I Ginting dan Rumondang, meminta untuk diberikan waktu selama sepekan dalam proses penyiapan tuntutan terhadap terdakwa Wardiaman Zebua. “Kami minta waktu satu minggu yang mulia,” kata JPU Bani.

Sesuai kesepakatan bersama, maka sidang tuntutan terdakwa Wardiaman Zebua akan digelar pekan depan, Kamis (23/6). “Pekan depan, Kamis (23/6) lanjut kepada sidang tuntutan Wardiaman. Untuk itu, terdakwa tetap ditahan dan kembali dihadirkan pada sidang berikutnya. Sidang ditutup,” pungkas Hakim Zulkifli.

Saat dikonfirmasi di luar persidangan, salah satu PH terdakwa Syamsir Hasibuan, hanya menyebutkan dua poin bukti yang diajukan. “Diantaranya, surat pengajuan berobat Wardiaman yang tidak disetujui penyidik, dan foto-foto bekas penganiayaan yang ada di tubuh Wardiaman,” sebutnya.

Untuk bukti surat lainnya, PH Syamsir enggan menyebutkan lebih lanjut. “Semoga bukti surat ini membantu untuk penegakkan keadilan terhadap Wardiaman,” ucapnya singkat. (cr15)

Respon Anda?

komentar