Simpang Fanindo Rawan Kecelakaan, Lampu Merah Tak Berfungsi Sama Sekali

412
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Arus lalu lintas di simpang tiga depan pasar Fanindo, Batuaji amburadul sampai, Kamis (16/6). Lampu pengatur lalulintas di jalan Brigjen Katamso, Batuaji itu tak berfungsi. Banyak pengendara yang terkecoh dan bahkan kecelakaan akibat rusaknya lampu lalulintas tersebut.

Informasi yang disampaikan warga sekitar, kerusakan traffic light itu sudah lama dan sampai siang kemarin belum ada upaya perbaikan apapun. Padahal lokasi simpang tiga itu cukup rawan karena merupakan jalur ramai. Dari arah Tanjunguncang selalu padat dengan kendaraan pekerja galangan kapal ataupun aktifitas truk perusahaan. Begitu juga dari arah Seibinti juga padat penduduk dan pekerja galangan. “Belum lagi truk perusahaan yang keluar masuk setiap saat. Jadi sangat rawan kalau padam lampu traffic light ini,” kata Soni salah satu pedagang di pinggir jalan simpang tiga tersebut.

Selama ini kata Soni sudah banyak pengendara khususnya sepeda motor yang mengalami kecelakaan akibat padamnya lampu pengatur lalu lintas itu. “Hampir setiap hari ada (yang kecelakaan). Orang pada ngggak mau mengalah, ketemu di tengah-tengah (persimpangan) ya tabrakanlah,” katanya.

Pernah kata Soni, seorang ibu yang membonceng dua anaknya yang masih kecil ditabrak oleh pengendara lain karena sama-sama melaju dari arah yang berlawanan di simpang tiga itu. “Ibu itu dari Seibinti, mobilnya dari simpang Basecamp mau ke Tanjunguncang. Tabrak di tengah jalan. Sampai diantar ke rumah sakit ibu dan anak-anaknya itu,” kata Soni.

Warga sangat menyayangkan aksi pembiaran dari instansi terkait atas rusaknya traffic light tersebut. “Sudah sebulan lebih ini pak, dan sudah banyak korban, tapi pemerintah sepertinya tutup mata,” kata Parlin warga lainnya.

Kabid lalu lintas dan angkutan jalan dinas perhubungan (Dishub) kota Batam Faisal Rizal saat dikonfirmasi wartawan mengaku memang ada kerusakan lampu lalu lintas itu. Bahkan lampu Traffic light tersebut sudah tak layak pakai lagi. “Total ada empat titik yang mau diganti di Batuaji dan Sagulung. Tapi masih diajukan penggantiannya ke Kementrian perhubungan. Akhir tahun akan segera dipasang yang baru,” kata Faizal.

Saat ini pihaknya belum bisa berbuat banyak sebab, untuk menggantikan traffic light yang baru masih menunggu keputusan dari kementerian perhubungan. “Kalau diganti yang baru nanti langsung ada CCTvnya,” ujar Faizal. (eja)

Respon Anda?

komentar