Baznas Lingga akan Salurkan Zakat Pekan Depan

798
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Lingga, Isnin mengatakan pekan depan, pihaknya akan segera menyalurkan bantuan baik berupa sembako maupun beasiswa kepada 700 penerima warga kurang mampu se Kabupaten Lingga. Saluran bantuan dari Baznas tersebut akan ditebar ke sembilan kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga.

“Sembilan kecamatan akan mendapat bantuan ini. Penerimanya kami batasi sesuai rapat terakhir. Total keseluruhan anggaran yang diterima dari zakat hampir Rp 200 juta lebih,” jelasnya, Jumat (17/6).

Untuk penerimanya disampaikan Isnin, zakat akan disalurkan kepada warga yang tidak mampu yaitu fakir miskin, fisabilillah, beasiswa bagi anak sekolah maupun bantuan usaha mandiri masyarakat. Dijelaskannya lagi, program dari Baznas itu juga terbagi lagi yakni program produktif, program bantuan kepada pengusaha kecil yang tidak mampu. Selain itu ada juga beasiswa bagi pelajar SD/SMP/SMA serta perguruan tinggi.

Isnin menambahkan, bantuan zakat yang akan diberikan kepada masyarakat yang tidak mampu berupa Sembako. Per paketnya dihargai senilai Rp 150 ribu. Begitu juga dengan beasiswa bagi para pelajar, senilai Rp 150 ribu bagi setiap penerima.

“Khusus untuk Kecamatan Senayang pendistribusiannya kami lakukan pada hari Minggu (19/06) nanti, lebih awal dari delapan kecamatan lainnya. Sembako yang kami bagikan itu, pecahannya berupa beras, gula, minyak goreng, susu, serta beberapa barang lainnya, itu total barangnya Rp150 ribu perpaket. Semua dapat Rp 150 ribu, begitu juga dengan guru. Kalau untuk mahasiswa S1 yang tidak mampu, dapatnya Rp 1,5 juta per orang. Untuk masyarakat yang ingin membuka usaha, tapi tidak mampu dan memulai dari nol, kami juga bantu senilai Rp 1 juta, kalau yang sudah memiliki usaha 50 persen atau 60 persen, kita bantu Rp 1,5 juta. Itu aturan rapat kami dengan Baznas Provinsi Kepri kemarin,” paparnya.

Isnin berharap, dengan program Baznas yang dilakukan dua kali dalam satu tahun tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Terutama untuk meringankan beban keluarga terlebih saat menghadapi hari raya besar umat Islam, Idul Fitri, pada bulan Juli mendatang. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar