Bulan Agustus Palapa Ring di Natuna Mulai Dibangun

781
Pesona Indonesia
Proyek Palapa Ring.
Proyek Palapa Ring.

batampos.co.id – Sekretaris Dinas Perhubungan dan Kominfo Pemkab Natuna M Amin mengatakan, program palapa ring Kementerian Kominfo untuk Natuna mulai dilaksanakan bulan Agustus mendatang.

Pemerintah daerah, lanjut Amin, sudah berkoordinasi dengan kementerian dan menetapkan lokasi landing point untuk dibangun infrastruktur di Penarik, Kecamatan Bunguran Selatan. Sekitar 500 meter dari base kabel optik milik Sacofa Malaysia.

“Lahan untuk landing point kabel bawal laut sudah dibebaskan pemerintah daerah, mudah-mudahan bulan Agustus nanti sesuai rencana, interkoneksi dengan jaringan serat optik mulai dibangun,” kata Amin, Jumat (17/6).

Pemerintah daerah, sambung Amin, sudah menyiapkan regulasi perizinan dan mempercepat semua proses izin. Baik itu izin PBB, IMB, hingga izin penggalian.

Dikatakan Amin, Palapa Ring yang diprogram kementerian, untuk sementara fokus melayani di pusat kabupaten. Agar layanan internet lebih baik, sama halnya layanan internet di pulau Jawa.

“Dalam rencananya, tahun 2018 Palapa Ring di Natuna sudah on air. Sekarang lahan sudah disiapkan, tinggal dibangun infrastrukturnya,” kata Amin.

Seperti diketahui, Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) membangun infrastruktur broadband untuk menyatukan NKRI dalam pelayanan jaringan. Broadband merupakan pemerataan akses pitalebar untuk membangun infrastruktur jaringan tulang punggung serat optik nasional di daerah-daerah non-commercial.

Melalui proyek pembangunan Palapa Ring, ketersediaan layanan jaringan serat optik sebagai tulang punggung bagi sistem telekomunikasi nasional. Salah satu titik proyek Palapa Ring, adalah Natuna, selain Anambas dan Lingga.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar