I23J Program Jagoan BP Batam

1763
Pesona Indonesia

bpbatam-dpdbatampos.co.id – Anggota 5 BP Batam, Gusmardi Bustami, mengatakan bahwa saat ini BP Batam siap menjalankan program I23J alias layanan investasi 2-3 Jam.

Layanan Investasi 2-3 Jam untuk 8 produk investasi. Antara lain Izin Usaha, Izin Prinsip, API (Angka Pengenal Importir), Izin Tenaga Kerja (2),NPWP, dan TDP.

“Kami tidak hanya cuci piring saja, kalau hanya cuci piring ya kita tidak bergerak maju. Jadi sembari cuci piring kami juga merumuskan visi, misi, strategi Batam kedepan, seperti menyiapkan I23J, layanan Kemudahan Investasi Langsung Konstruksi (KILK) dan hal-hal lain yang berkaitan dengan investasi, termasuk lahan.”  kata Gusmardi, saat menerima kunjungan anggota DPD RI daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau, Djasarmen Purba, Jum’at, (17/6/2016).

Djasarmen berkunjung ke BP Batam dengan sejumlah rekan diantaranya Ketua Kadin Provinsi Kepulauan Riau, Ma’ruf Maulana; Dewan Pertimbangan Kadin Kepri, Ibnu Arif; dan beberapa anggota Kadin Kepri.

Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama setelah masa kepemimpinan baru BP Batam yang dipimpin oleh Hatanto Reksodipoetro beserta jajarannya. Djasarmen menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungannya kali ini adalah untuk bersilaturahmi dan mengenal visi misi strategi BP Batam dengan nakoda baru serta memberikan masukan bagi pembangunan Batam kedepan.

Adapun kunjungan disambut baik oleh Kepala BP Batam, Hatanto Reksodipoetro; dan Anggota 5/ Deputi Bidang Pelayanan Umum, serta sejumlah pejabat eselon II BP Batam, bertempat di Gedung Marketing BP Batam.

Disampaikan Hatanto saat memberikan pemaparannya terkait visi misi dan strateginya bahwa keberadaannya bersama wakil dan para deputinya sesuai amanat Presiden RI dan Menko Perekonomian, berfokus pada bagaimana meningkatakan daya tarik investasi dan meningkatkan keandalan infrastruktur investasi dengan melakukan promosi terarah namun tetap dengan menegakkan prinsip Good Governance serta menerapkan pelayanan inovatif yang pro-bisnis.

Seperti yang diketahui, bahwa saat ini legal audit dari BPKP masih berlangsung. Dari hasil ini nantinya akan diperolah laporan yang dapat menjadi rekomendasi dasar bentuk kebijakan yang akan dilakukan dalam turning around atau membalikkan kondisi Batam yang kompleks, mulai dari persoalan lahan, pelabuhan, bandara, asset, perijinan dan lain-lainnya serta internal SDM itu sendiri.

“Sesuai dengan prinsip, Saya dan tim berkewajiban untuk mencari solusi yang elegan dan merumuskan policy yang tepat untuk menyelesaikan persoalan ini, tetapi sesuai dengan aturan.” Jelas Hatanto.

Djasarmen memahami bahwa kompleksitas yang ada di Batam ini memang menjadi tugas yang tidak mudah bagi pimpinan baru BP Batam dan tentu membutuhkan waktu. Terkait dengan proses audit tersebut, Djasarmen dan rekan mendukung apa yang telah dilakukan pemerintah pusat dan berharap segera proses audit ini dapat selesai sehingga BP Batam dapat segera dapat membentuk policy untuk mengatasi kompleksitas yang ada.

Sementara itu, Ma’ruf Maulana dan tim juga mengapresisasi terobosan yang coba dilakukan oleh BP Batam dalam rangka menarik daya tarik investasi salah satunya dengan program I23J, sehingga harapan Batam mampu menyaingi Singapura dan Johor dapat terwujud.

Seluruh masukan dalam diskusi kali ini diterima dengan baik oleh BP Batam sebagai rekomendasi dan masukan yang akan dirumuskan dalam melangkah kedepan, baik di tingkat lokal, propinsi maupun pusat. (rilis)

Respon Anda?

komentar