Pemkab Karimun Bagikan Insentif RT/RW

606
Pesona Indonesia
Bupati Karimun Aunur Rafiq. foto:dok
Bupati Karimun Aunur Rafiq. foto:dok

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun, mulai menyalurkan insentif Ketua Rukun Tetangga dan Rukun Warga (RT/RW) triwulan pertama dan kedua tahun 2016. Insentif bagi ketua RT/RW sebesar Rp750 ribu setiap triwulannya. Artinya, terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya hanya Rp 475 ribu per RT/RW.

“Jumlah insentif yang akan diberikan kepada masing-masing ketua RT atau RW sebanyak Rp1.500.000, karena dicairkan dua triwulan sekaligus,” beber Bupati Karimun Aunur Rafiq di sela Safari Ramadan di Kecamatan Buru, Kamis (16/6) malam lalu.

Penyaluran insentif RT/RW tersebut, sekaligus mulai bulan Januari, Februari, Maret, April, Mei dan Juni. Sehingga, langsung sekaligus penyalurannya triwulan pertama dan kedua. Penyerahan insentif RT/RW, khusus untuk daerah pulau disejalankan dengan kegiatan safari Ramadan Bupati dan Wakil Bupati Karimun. Tujuannya, tidak lain untuk efisiensi anggaran, dan meringankan ketua RT/RW.

“Untuk ketua RT/RW di pulau-pulau tidak harus datang ke Karimun lah. Biar utuh didapatnya, tidak dipotong biaya transportasi,” ucapnya.

Lanjut Rafiq, dirinya berharap insentif yang diberikan dapat membantu ketua RT/RW untuk membeli kebutuhan menjelang Lebaran. Sedangkan untuk Tunjangan Hari Raya (THR) untuk ketua RT/RW, menurut dia, tidak dianggarkan karena tidak diperbolehkan sesuai dengan kebijakan pemerintah pusat yang mengacu pada undang-undang tentang Pemerintahan Daerah.

“Kepada Ketua RT/RW silahkan manfaatkan untuk kebutuhan lebaran nantinya. Jangan lupa jaga warganya dan lingkungannya,” kata Rafiq lagi.

Sementara Kepala Bagian Pemerintahan Karimun Dwiyandri menuturkan, bahwa untuk wilayah pulau Karimun yaitu kecamatan Karimun, Meral, Meral Barat dan Tebing, akan dibagikan pada malam Nuzul Quran, di Masjid Agung nantinya.

Jumlah ketua RT dan RW se-Karimun sebanyak 1.478 orang. Rinciannya, ketua RT/RW di Kecamatan Karimun sebanyak 178 orang, Kundur 196 orang, Meral 149 orang, Tebing 97 orang, Kundur Barat 155 orang, Kundur Utara 136 orang dan Kecamatan Buru 93 orang. Kemudian, di Kecamatan Moro 188 orang, Ungar 70 orang, Belat 93 orang, Meral Barat 74 orang, dan Kecamatan Durai 49 orang.

”Kalau di pulau Karimun Ketua RT/RW tetap diserahkan oleh Bupati Karimun. Tapi, kalau ada kesempatan Pak Gubernur Kepri bisa yang kebetulan safari Ramadan di Karimun,” ucapnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar