Terdakwa Kepemilikan Sabu 2 Kilogram Divonis 20 Tahun Penjara

439
Pesona Indonesia
Terdakwa Mohamad Zulkarnain bin Ibrahim (kiri) dan Ahmad alias Udin (kanan) menjalani sidang putusan, di Pengadilan Negeri Batam, Jumat (17/6). Keduanya divonis dengan hukuman pidana selama 20 tahun. F.Febby Anggieta Pratiwi/Batam Pos
Terdakwa Mohamad Zulkarnain bin Ibrahim (kiri) dan Ahmad alias Udin (kanan) menjalani sidang putusan, di Pengadilan Negeri Batam, Jumat (17/6). Keduanya divonis dengan hukuman pidana selama 20 tahun. F.Febby Anggieta Pratiwi/Batam Pos

batampos.co.id – Perkara yang telah lama tertunda dengan dua terdakwa Mohamad Zulkarnin bin Ibrahim (WN Malaysia) dan Ahmad alias Udin (WNI), tentang kepemilikan sabu seberat 2.067 gram atau 2 kilogram lebih, akhirnya menjalani sidang putusan Jumat (17/6) di Pengadilan Negeri Batam.

Hasil putusan yang dijatuhkan Majelis Hakim yang dipimpim Syahrial, nyatanya tak membuat Jaksa Penuntut Umum (JPU) Martua menerima. Ia akan melanjutkan perkara tersebut ke ranah Pengadilan Tinggi Pekanbaru sebagai pernyataan banding.

“Kami menuntut kedua terdakwa dengan hukuman seumur hidup. Hukuman itu sangat pantas karena barang bukti yang dimiliki berjumlah sangat besar. Kami ajukan banding,” ujar JPU Martua usai persidangan.

Sementara Hakim Ketua Syahrial saat dikonfirmasi diluar sidang, mengaku siap menghadapi ajuan banding itu. “Silahkan, itu hak JPU. Majelis Hakim sudah melakukan tugas sesuai aturannya,” ungkap Syahrial singkat.

Amar putusan yang sesuai dengan dakwaan primair melanggar pasal 114 ayat (2) jo pasal 132 ayat (1) Undang-undang nomor 35 tahun 2009, tentang Narkotika, membuat kedua terdakwa yang didampingi Penasehat Hukum (PH) Elisuwita, menyatakan pikir-pikir.

“Kedua terdakwa sudah cukup tersiksa menjalani lamanya menunggu kepastian vonis. Apalagi keduanya telah mengakui perbuatannya dan tidak berbelit-belit selama persidangan. Hukuman ini berat untuk terdakwa,” jelas Elisuwita.

Terlihat penuh beban dengan penyesalan yang mendalam, kedua terdakwa terus menundukkan kepala dan duduk terpaku. Sesuai perbuatan yang dilakukan terdakwa, keduanya mendapat hukuman subsider yang berbeda.

Terdakwa Mohamad Zulkarnin bin Ibrahim dipidana penjara selama 20 tahun dan denda Rp 1 miliar, subsider 3 bulan kurungan. Sedangkan terdakwa Ahmad alias Udin dipidana penjara selama 20 tahun dan denda Rp 1 miliar, subsider 1 bulan kurungan.

Diketahui, keduanya berhasil membawa sabu 2 kilogram lebih tersebut dari Malaysia untuk diedarkan di Batam (9/8) tahun lalu. Saat terdakwa hendak melakukan transaksi di salah satu hotel di Sekupang (14/8) 2015, anggota BNN pusat langsung melakukan penangkapan karena telah menjadi TO. Hingga pengembangan perkara, barang bukti yang dimiliki kedua terdakwa mencapai lebih dari 2 kilogram sabu. (cr15)

Respon Anda?

komentar