Maskapai Dilarang Jual Tiket Lebihi Harga Batas Atas

1317
Pesona Indonesia
Calon penumpang pesawat memadati Bandara Hang Nadim Batam yang sempat tertunda keberangkatannya, Jumat (10/6/2016). Tetundanya keberangkatannya karena Bandara Hang Nadim sempat ditutup akibat inseden pesawat tergelincir. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos
Calon penumpang pesawat memadati Bandara Hang Nadim Batam yang sempat tertunda keberangkatannya, Jumat (10/6/2016). Tetundanya keberangkatannya karena Bandara Hang Nadim sempat ditutup akibat inseden pesawat tergelincir. Foto: Cecep Mulyana/Batam Pos

batampos.co.id – Lebaran memang masih dua pekan lagi, namun Bandara Hang Nadim sudah padat. Harga tiket pun terus melambung tinggi.

Kepala Bagian (Kabag) Umum Bandara Internasional Hang Nadim Batam Suwarso mengingatkan maskapai penerbangan tidak boleh melebihi harga batas atas. Sebab bila hal ini dilanggar, maskapai tersebut akan mendapat teguran. Bila teguran tak dihiraukan juga, maka izin rute penerbangan maskapai bisa dicabut.

“Walau itu yang jual agen travel, kami akan menegur maskapai yang bersangkutan,” katanya Swarso.

Ia menjelaskan bahwa sesuai dengan Peraturan Menteri 136 tahun 2015 mengenai Tarif Batas Atas (TBA) pelayanan kelas ekonomi sebagai berikut:

  1. Batam-Jakarta Rp 1,6 juta
  2. Batam-Medan Rp 1,4 juta
  3. Batam-Pekanbaru Rp 830 ribu
  4. Batam-Jogja Rp 2,2 juta
  5. Batam-Palembang Rp 1,08 juta
  6. Batam-Surabaya Rp 2,2 juta
  7. Batam-Padang Rp 1,09 juta.

“Bila ada yang memasang tarif diluar batas tersebut. Bisa laporkan ke kami, untuk ditindak lanjuti. Datang saja ke bandara beserta bukti pembayaran tiket,” ungkap Suwarso.

Ia mengingatkan kepada seluruh masyarkat, agar berhati-hati dalam membeli tiket. Ia meminta sebelum membeli, baca dulu petunjuk atau aturan tiketnya. Sebab saat ini, tiket langsung dari Batam menuju ke beberapa tempat favorit mudik sudah ludes di pesan.

“Hati-hati belinya, jangan sampai nanti merasa tertipu. Setiap pembelian, maskapai pasti akan menjelaskan detail tiketnya,” ucapnya.

Suwarso mencontohkan di beberapa agenĀ  online, harga tiketnya melebihi batas kewajaran. “Tapi lihat dulu, bahwa disebutkan bahwa pesawatnya akan transit satu kali,” ujarnya.

“Hal ini akibat tiket langsung habis. Seperti Batam-Padang beberapa tiketnya sudah ludes terjual. Beberapa agen online mencoba menawarkan alternatif lain. Dengan penerbangan Batam-Jakarta-Padang, dan tiketnya dipatok dengan harga yang cukup mahal,” terang Suwarso.

Saat ini kata Suwarso, dari pantauan pihaknya dilapangan ada tiga tempat tiketnya sudah terjual habis yakni Semarang, Pekanbaru dan Padang. “Tiket langsungnya full semua,” ujarnya.

Sementara itu Distrik Manager Maskapai Lion Air Area Batam M Zaini Bire mengungkapkan hal yang serupa. Bahwa penerbangan Lion Air ke beberapa tempat favorit sudah mulai penuh.

Mengenai adanya extra flight, untuk mengakomodasi warga yang belum memiliki tiket. Bire mengungkapkan sampai saat ini dirinya belum bisa memastikan. “Belum tau kami tentang hal itu (extra flight,red),” ujarnya. (ska)

Respon Anda?

komentar